Jawa Pos

22 Paslon Tak Lolos, 3 Daerah Mundur

-

20 Januari lalu bahwa dirinya tidak lolos verifikasi tahap kedua. Dia tidak mampu memenuhi tambahan dukungan sebagai syarat maju sebagai cagub dari jalur perseorang­an. Karena itu, dia memilih legawa atas kegagalann­ya mengikuti pertarunga­n di pilgub Kalbar.

Di luar itu, ada tiga daerah yang hingga kemarin belum menetapkan paslon peserta pilkada. Masing-masing Provinsi Papua, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Bone. Penyebabny­a pun bermacam-macam.

Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaska­n, KPU Papua menunda penetapan karena ada persoalan di verifikasi calon. ”Tentang siapa sebetulnya yang berhak memverifik­asi calon,’’ terangnya saat dikonfirma­si kemarin.

Dalam UU Pilkada disebutkan, verifikasi calon dilakukan oleh Majelis Rakyat Papua dan DPR Papua (DPRP). Namun, versi KPU, aturan tersebut sudah dicabut Mahkamah Konstitusi. ”Tapi, DPRP-nya yang ngotot,’’ lanjutnya. Atas dasar itu, KPU Provinsi Papua memutuskan untuk menunda penetapan paslon.

Sementara itu, untuk Bone dan Lebak, penundaan penetapan paslon merupakan dampak putusan Bawaslu atas gugatan paslon perseorang­an dari dua kabupaten itu. Karena putusan mepet dengan jadwal penetapan, diputuskan penetapan paslon di dua kabupaten tersebut ditunda.

Sampai kapan penundaan berlangsun­g? Ilham menyatakan tidak ada batas waktu. Namun, diharapkan, dalam waktu sepekan ke depan tiga daerah tersebut sudah klir dan bisa menetapkan calon kepala daerah masingmasi­ng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia