Jawa Pos

Nomine Pendaftar SNM PTN Naik

-

JAKARTA – Semakin banyak siswa yang berebut masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Saat penutupan pengisian pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) pada Senin malam pukul 23.59 WIB (12/2), tercatat 1.118.137 siswa bisa mengikuti jalur masuk PTN nontes tersebut. Jumlah itu meningkat jika dibandingk­an dengan tahun lalu sebanyak 1.006.158 siswa.

PDSS adalah mekanisme seleksi paling awal dalam SNM PTN. Dalam tahap itu, sekolah menentukan siswa mana saja yang bisa mendaftar SNM PTN. Semakin baik akreditasi sekolah, semakin banyak pula siswa dari sekolah tersebut yang bisa mendaftar. Tahun ini pendaftara­n SNM PTN bakal dibuka pada 21 Februari. Total, ada 16.049 SMA yang akan mengikutka­n siswanya dalam SNM PTN.

Ketua Umum SNM PTN 2018 Ravik Karsidi menjelaska­n, jumlah siswa yang terverifik­asi berpotensi naik. Sebab, panitia masih menunggu data verifikasi siswa dari lima kabupaten di Papua sampai 15 Februari pukul 20.00 WIB. Lima kabupaten di Papua itu adalah Mimika, Asmat, Merauke, Boven Digoel, dan Mappi.

Lima kabupaten itu bisa melakukan verifikasi susulan karena jaringan internet di sana lambat. Akibatnya, mereka tidak bisa mengirimka­n data bersamaan dengan daerah lain. ’’Jadi, total final PDSS akan disampaika­n pada 16 Februari sambil menunggu proses PDSS dari sekolah di lima kabupaten itu,’’ kata Ravik kemarin (13/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia