Jawa Pos

Penamaan Termahal

OLD TRAFFORD

-

DI INGGRIS, Old Trafford bukan hanya stadion yang dimiliki non pemerintah dengan jumlah kapasitas penonton terbanyak. Stadion yang menjadi markas Manchester United itu juga menjadi stadion termahal untuk urusan hak penamaan. Nilai hak penamaan Old Trafford mencapai GBP 26 juta (Rp 493,3 miliar).

Itu terangkum dari hasil studi penasihat keuangan perusahaan bernama Duff & Phelps di beberapa stadion elite Premier League musim ini. Old Trafford bahkan jauh di atas kandang tim rival sekota United, Manchester City. Nilai Etihad yang nama aslinya City of Manchester itu berkisar GBP 19 juta (Rp 360,5 miliar).

Old Trafford pun mengunggul­i stadionsta­dion di London kecuali Wembley. Di London, yang paling mahal adalah Stamford Bridge, kandang Chelsea. Hak penamaan The Bridge berada di angka GBP 18 juta (Rp 341,5 miliar). Stadion anyar Tottenham Hotspur yang hingga saat ini belum diberi nama pun nilainya di bawah Stamford Bridge.

Mereka yang ingin membeli hak penamaan kandang Spurs itu harus merogoh kocek GBP 15,5 juta (Rp 294,1 miliar). Kepala Duff & Phelps di Inggris Trevor Brich mengungkap­kan, besarnya hak penamaan itu punya potensi bagi pemasukan klub. ’’Semakin besar nilai dalam penamaanny­a akan makin besar pula pendapatan yang bisa diraup,’’ kata mantan pemain Liverpool itu.

 ?? PAUL ELLIS/AFP PHOTO ?? PUNYA NILAI JUAL: Suasana Old Trafford saat memperinga­ti Tragedi Muenchen 1958.
PAUL ELLIS/AFP PHOTO PUNYA NILAI JUAL: Suasana Old Trafford saat memperinga­ti Tragedi Muenchen 1958.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia