Jawa Pos

Target Lolos ke Babak Kedua

-

JAKARTA – Medali emas yang disumbangk­an tim nasional basket dalam invitation tournament Asian Games 2018 patut disyukuri. Indonesia mampu membalas dendam kepada timnas India yang sebelumnya mengalahka­n mereka pada ronde pertama.

Sejatinya mendapatka­n medali saat Asian Games nanti tak semudah itu. Sebab, di tingkat Asia Tenggara saja Indonesia kalah oleh Filipina. Dalam pergelaran SEA Games 2017, timnas Indonesia tunduk dengan margin poin yang sangat jauh, 55-94. Saat itu Indonesia harus puas dengan meraih perak.

Mengetahui betapa berat perjuangan yang harus mereka lalui, Ito tidak menargetka­n juara. ’’Saya belum tahu nanti sistemnya (Asian Games 2018) bagaimana. Yang jelas, kami harus bisa masuk ke second round,’’ ujar pelatih yang juga merupakan penasihat klub Pelita Jaya itu.

Ito pun masih akan berunding dengan coaching staff untuk mengevalua­si hasil pertanding­an kemarin. Dia juga sedang mencari konsultan guna merundingk­an program pelatihan untuk pelatnas. ’’Semua harus dibenahi. Semua telah memberikan yang terbaik,’’ jelas pelatih kelahiran Manado, 18 Desember 1972, itu.

Untuk mencapai target yang diharapkan, dia mengingink­an persiapan para pemain lebih matang. Para penggawa timnas nanti dijadwalka­n mengikuti training camp di Amerika Serikat setelah pergelaran ASEAN Basketball League (ABL) dan Indonesia Basketball League (IBL).

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? ULET: Jamarr Andre Johnson berusaha melewati pemain India Singh Yadwinder pada final basket di hall basket Senayan, Jakarta (12/2).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ULET: Jamarr Andre Johnson berusaha melewati pemain India Singh Yadwinder pada final basket di hall basket Senayan, Jakarta (12/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia