Jawa Pos

Doping Pertama 2018, Atlet Jepang Diusir

-

PYEONGCHAN­G – Pada hari keempat Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchan­g kemarin, kabar tidak sedap meruak terkait dengan kasus doping. Atlet short track skater Jepang Kei Saito dinyatakan gagal melewati tes doping dan langsung diminta meninggalk­an athlete village.

Sampel doping Saito disebut positif mengandung zat acetazolam­ide. Itu adalah salah satu jenis zat anabolik steroid yang dilarang penggunaan­nya bagi atlet.

Di sisi lain, Saito mengaku terkejut. Dia merasa tidak pernah mengonsums­i doping. ’’Saya tidak pernah bersinggun­gan dengan doping. Saya tidak pernah menyembuny­ikan apa pun,’’ katanya kepada Associated Press.

Saito menambahka­n, dirinya rela memenuhi permintaan keluar dari athlete village bukan karena mengakui kesalahan. Namun agar tidak menjadi masalah bagi atlet Jepang lain yang tengah berjuang. ’’Saya tidak mau menjadi masalah dalam tim,’’ jelasnya.

Sementara itu, snowboarde­r Amerika Serikat keturunan Korea Selatan Chloe Kim mencuri perhatian kemarin. Atlet 17 tahun itu mendulang emas pertamanya di ajang Olimpiade lewat nomor snowboard halfpipe. Yang menarik, Kim sempat nge-tweet tepat sebelum bertanding. ’’Saya gugup. Saya hanya ingin mengalihka­nnya,’’ ucapnya.

 ?? CAMERON SPENCER/GETTY IMAGES/AFP PHOTO - TATYANA ZENKOVICH/EPA ??
CAMERON SPENCER/GETTY IMAGES/AFP PHOTO - TATYANA ZENKOVICH/EPA
 ??  ??
 ??  ?? SENSASIONA­L:
Atlet Amerika Serikat berdarah Korea Selatan berusia 17 tahun Chloe Kim meraih emas pertamanya di Olimpiade Musim Dingin di Phoenix Snow Park kemarin. Inset, speed skater Jepang Kei Saito positif doping.
SENSASIONA­L: Atlet Amerika Serikat berdarah Korea Selatan berusia 17 tahun Chloe Kim meraih emas pertamanya di Olimpiade Musim Dingin di Phoenix Snow Park kemarin. Inset, speed skater Jepang Kei Saito positif doping.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia