Jawa Pos

Kapolri Takjub Masjid Bisa Selesai Setahun

-

SURABAYA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meresmikan Masjid Arif Nurul Huda di Mapolda Jatim kemarin (13/2). Menurut dia, masjid tersebut merupakan masjid termegah dan terbesar yang pernah dimiliki Polri.

Pujian Tito itu memang beralasan. Saat ini saingan masjid yang berdiri di atas lahan seluas 1.200 meter persegi tersebut hanya Masjid Al Kautsar milik Polda Metro Jaya. ”Sekarang sudah enggak ada lagi instansi level polda, tapi masjid sekelas polres,” ujarnya disambut tawa hadirin

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengungkap­kan, pembanguna­n masjid tersebut diinisiato­ri pada awal tahun lalu. Saat itu, dia melaksanak­an salat Jumat di Masjid Nurul Huda yang berada di area tengah mapolda. Hatinya miris. Banyak anggota yang salat di jalanan sekitar masjid. ”Enggak muat,” katanya.

Setelah berdiskusi dengan sejumlah pihak, pada 8 Februari 2017, Machfud meletakkan batu pertama sebagai simbol pembanguna­n masjid. Tito sebenarnya sempat meragukan pelet akan batu pertama itu mengingat dirinya pernah meletakkan batu pertama untuk pembanguna­n gedung promoter di Polda Metro Jaya saat jabatannya masih K a den 88 Anti teror Polda Metro Jaya. Ternyata, gedung itu baru selesai 14 tahun kemudian. Tito juga meresmikan nya bulan lalu. ”Nah, masjid Polda Jatim ini bakal selesai enggak ya? Eh, ternyata cuma setahun, luar biasa,” kata Tito.

Masjid tersebut menghabisk­an dana Rp 20,1 miliar. Model arsitektur­nya meniru gaya Mediterani­a. Warna light yellow mendominas­i masjid. Peresmian masjid itu juga dihadiri Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin, Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Ketua Umum PB NU KH Said Aqil Siradj, Wali Kota Tri Rismaharin­i, dan nama-nama lain.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? DETAIL INTERIOR: Bagian dalam Masjid Arif Nurul Huda yang diresmikan kemarin (13/2). Pembanguna­n masjid ini menelan dana Rp 20,1 miliar.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS DETAIL INTERIOR: Bagian dalam Masjid Arif Nurul Huda yang diresmikan kemarin (13/2). Pembanguna­n masjid ini menelan dana Rp 20,1 miliar.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BERI PUJIAN: Kapolri Tito Karnavian memberikan sambutan didampingi, dari kanan, Kapolda Machfud Arifin, Karo Penmas Divisi Humas Polri M. Iqbal, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Gus Ali, dan Ketua Umum PB NU Said Aqil Siradj. MAKIN INDAH: Pemandanga­n masjid di Jalan A. Yani itu terlihat menonjol bertabur lampu dengan dominasi warna kuning saat malam.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BERI PUJIAN: Kapolri Tito Karnavian memberikan sambutan didampingi, dari kanan, Kapolda Machfud Arifin, Karo Penmas Divisi Humas Polri M. Iqbal, Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Gus Ali, dan Ketua Umum PB NU Said Aqil Siradj. MAKIN INDAH: Pemandanga­n masjid di Jalan A. Yani itu terlihat menonjol bertabur lampu dengan dominasi warna kuning saat malam.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ??
HANUNG HAMBARA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia