Jawa Pos

Pedagang Hi-Tech Mall Pilih Tetap Bertahan

-

SURABAYA – Masih ada waktu setahun sebelum gedung Hi-Tech Mall kembali ke tangan pemkot. Namun, pedagang sudah merasakan imbas dari isu yang menyebar di masyarakat. Mereka kemarin (13/2) mengadakan aksi sebagai bukti bahwa pedagang produk informasi dan teknologi (IT) terbesar di Jawa Timur itu masih ada.

”Seluruh toko di Hi-Tech Mall tetap buka sampai kapan pun,” begitu bunyi salah satu spanduk yang dibentangk­an Paguyuban Pedagang Surabaya Mall (Hi-Tech). Setiap pengunjung yang masuk bisa melihat dengan jelas tulisan tersebut.

Aksi yang berlangsun­g siang itu adalah bentuk keresahan pedagang yang sebentar lagi diakhiri masa kontraknya

Kesepakata­n PT Sasana Boga sebagai pemegang sah kerja sama dengan pemkot segera berakhir. Kesepakata­n build operate transfer (BOT) membuat pemkot punya kuasa penuh atas gedung lima lantai tersebut mulai 2019.

Keputusan pemkot untuk tidak memperpanj­ang hak operasiona­l dan menjadikan­nya sebagai gedung budaya mengharusk­an pedagang untuk hengkang. Namun, mereka keberatan jika diharuskan pindah.

Ketua Paguyuban Pedagang Surabaya Mall (Hi-Tech) Rudy Abdu l lah mengatakan, pembubaran pedagang dari gedung itu akan menimbulka­n banyak kerugian. Mereka mengaku sulit mem-bran din g ulang sebuah tempat menjadi pusat IT. ”Untuk menciptaka­n seperti ini (pusat IT, Red) bukan setahun dua tahun lagi waktunya,” ujar Rudy.

Sejak masa BOT semakin dekat, ada pedagang yang mulai meninggalk­an tokonya. Namun, tidak sedikit pula yang memilih bertahan. PT Sasana Boga sebenarnya sudah memberikan tawaran untuk pindah. Alternatif­nya di ITC. Namun, mayoritas pedagang menilai lokasi itu belum layak. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Widodo Suryantoro menyatakan, gedung Hi-Tech Mall akan tetap dikosongka­n dari pedagang. Hal itu sudah sesuai dengan BOT antara pemkot dan PT Sasana Boga. ”Yang pasti, kontrak pedagang dengan PT Sasana Boga sudah selesai dan tidak diperpanja­ng,” katanya.

 ?? GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS ?? SUARA PEDAGANG: Dari kiri, Rudy Abdullah, Candra, dan Ong saat melakukan aksi bagi-bagi stiker di Hi-Tech Mall kemarin.
GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS SUARA PEDAGANG: Dari kiri, Rudy Abdullah, Candra, dan Ong saat melakukan aksi bagi-bagi stiker di Hi-Tech Mall kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia