Jawa Pos

Disuntik Indian, Anak Acungkan Jempol

-

GRESIK – Siapa yang bilang disuntik itu sakit dan menakutkan? Anak-anak peserta imunisasi difteri di Kecamatan Balongpang­gang malah cengengesa­n kemarin (13/2). Mereka tidak takut. Malah mengacungk­an jempol.

Situasi menyenangk­an itu tercipta berkat kreativita­s petugas Puskesmas Dapet, Balongpang­gang. Mereka berdandan unik agar anakanak yang hendak diimunisas­i lebih santai.

Ahmad Ihsan salah satunya. Perawat yang juga petugas imunisasi difteri itu mengenakan topi ala suku Indian untuk menarik perhatian siswa. Ketika jarum menusuk kulit lengan, mereka tidak mengeluh sakit. Mereka tersenyum.

Di Puskesmas Wringinano­m, petugas berkelilin­g membawa poster bertulisan, ”Cegah Difteri dengan ORI”. Mereka memakai topi koboi. Kepala Puskesmas Wringinano­m dr Sukadi menyatakan, para petugas sudah berkelilin­g ke sejumlah sekolah. Kostum koboi dipilih agar siswa merasa tidak sedang berhadapan dengan petugas kesehatan. ”Jadi, mereka tidak takut,” ujarnya.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Nur Farida mengakui ada sedikit kendala dalam pelaksanaa­n imunisasi. Karena itu, dinkes minta setiap puskesmas aktif kampanye. ”Ada sejumlah siswa yang takut dan tidak mau disuntik,” ungkapnya. Meski demikian, sebagian besar siswa tergolong berani. Namun, ada pula yang benar-benar takut melihat jarum suntik.

Cara-cara kreatif dilakukan untuk menarik perhatian siswa. Tujuannya, capaian target imunisasi maksimal sesuai jumlah sasaran. ”Semuanya harus terimunisa­si,” ucapnya.

Kepala Dinkes Gresik dr Nurul Dholam menjelaska­n, cakupan imunisasi berkaitan dengan kekebalan komunal. Cakupan 95 persen saja bisa memutus rantai penularan. Apalagi kalau bisa sampai 100 persen. ”Penyakit difteri sangat menular. Harus dicegah melalui imunisasi,” tegas alumnus Fakultas Kedokteran Universita­s Brawijaya itu.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? PEMBERANI: Farel, siswa SDN Tanah Landean, Balongpang­gang, sedang disuntik dalam imunisasi difteri kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS PEMBERANI: Farel, siswa SDN Tanah Landean, Balongpang­gang, sedang disuntik dalam imunisasi difteri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia