Jawa Pos

Pejalan Kaki Kalah dengan Parkir Motor

-

SURABAYA – Jalur pedestrian dibuat agar pejalan kaki bisa menggunaka­n haknya di jalan raya. Faktanya, jalur tersebut kerap disalahgun­akan sebagai area parkir kendaraan. Pejalan kaki pun harus mengalah dan berjalan di sisi jalan raya yang mengandung bahaya.

Salah satunya terlihat di kawasan Jalan Sultan Iskandar Muda, Kecamatan Semampir. Banyak kendaraan, terutama roda dua, yang terparkir di atas jalur pedestrian. Syahri, salah seorang warga, terpaksa melintas di bahu jalan karena jalur pedestrian dipenuhi kendaraan. Juga, akibat papan reklame yang diletakkan di atas trotoar. ’’Hampir selalu begini,’’ katanya.

Kasi Trantib Kecamatan Semampir Burhanuddi­n mengakui kondisi tersebut. Sebagai Kasi trantib yang baru menjabat kurang dari sebulan di Kecamatan Semampir, Burhanuddi­n mulai memetakan kondisi wilayahnya. Termasuk persoalan-persoalan yang terjadi di Semampir.

Meski begitu, pihaknya tidak serta-merta menggunaka­n kekerasan dalam bertindak. Dia mengatakan lebih mengusung pola humanis. Warga, lanjut dia, harus diberi pemahaman lebih dulu. Salah satunya melalui surat teguran. ’’Bahwa yang bersangkut­an melakukan pelanggara­n,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia