Jawa Pos

Berwirausa­ha sejak Bocah

-

SURABAYA – Agar belajar tak melulu tentang teori, siswa SDN Bubutan 4 kemarin (13/2) diajak praktik langsung menjadi pengusaha. Karena mereka masih bocah, dipilih tema yang sederhana. Jadi pengusaha makanan kecil dan minuman. Mereka diajari mulai proses produksi hingga penjualan. Sasaran pemasaran tentu saja teman-teman sendiri.

Rupanya, praktik tersebut membuat Citra Arini bersemanga­t. Siswi kelas IV itu lekoh membuat biskuit goreng bersama kelompokny­a. Produknya berupa biskuit cokelat yang dibalur adonan tepung, lalu digoreng. Geng cowok tak mau kalah. Wisnu Putra, siswa kelas V, antusias membuat jus buah jambu merah dan avokad.

Yohana Permana, guru SDN Bubutan 4, mengungkap­kan, selain biskuit goreng dan jus buah, para siswa membuat pisang keju cokelat dan tahu bulat. Mereka membawa sendiri alat dan bahan, kemudian mempraktik­kannya di sekolah. Mereka terlibat dalam proses pembuatan mulai awal hingga akhir. Ketika jam istirahat dimulai, mereka menyajikan­nya di atas meja dan dijual kepada para siswa lain di sekolah.

Yohana menyebut kegiatan itu merupakan bagian dari pembelajar­an tematik tentang membuat olahan makanan. Para siswa juga dilibatkan untuk menjualnya kepada siswa lain. ”Supaya anak belajar wirausaha, belajar pengetahua­n cara berjualan,” katanya. Hasil penjualan bisa digunakan untuk kegiatan ecopreneur di sekolah.

 ?? PUJI TYAS/JAWA POS ?? KERJA TIM: Wisnu Putra (tiga dari kiri) mengawasi anggota timnya memblender jambu merah.
PUJI TYAS/JAWA POS KERJA TIM: Wisnu Putra (tiga dari kiri) mengawasi anggota timnya memblender jambu merah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia