Jawa Pos

Ubah Bahan biar Sesuai

-

SURABAYA – Diet memiliki banyak pantangan. Beberapa jenis makanan tidak diperboleh­kan untuk dikonsumsi. Salah satunya bagi pengikut diet keto yang ”haram” memakan makanan mengandung karbohidra­t. ”Sayang banget kalau nggak bisa makan kue,” ujar Stefani Kwee.

Kemarin (13/2) dia berinovasi membuat spiku dengan bahan khusus diet keto di rumah produksiny­a di Jalan Kutai. Tepung terigu menjadi bahan utama dalam pembuatan kue. Tetapi, itu tidak berlaku bagi pengikut diet karena kandungan karbohidra­tnya yang besar. Stefani lantas mengakali hal tersebut dengan tepung fiber. Sementara itu, penggunaan gula digantikan dengan pemanis khusus.

Menurut dia, perubahan bahan tersebut tidak membawa banyak dampak. Secara penampilan, spiku masih terlihat sama. Rasanya pun lezat. ”Jangan khawatir. Tapi tetap lebih sehat,” katanya sambil mengaduk bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan lain yang digunakan adalah telur ayam, keju, margarin, dan vanili. Dia menambahka­n taburan keju di atas permukaan spiku.

Stefani sering mendapatka­n orderan spiku itu dari berbagai daerah di Indonesia. Juga beberapa kali, dia mendapatka­n pesanan dari luar negeri. Antara lain, Singapura, Australia, Jepang, dan Korsel.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? RESEP KHUSUS: Stefanie Kwee membuat cake untuk menyambut Imlek untuk mereka yang sedang diet keto.
GHOFUUR EKA/JAWA POS RESEP KHUSUS: Stefanie Kwee membuat cake untuk menyambut Imlek untuk mereka yang sedang diet keto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia