Jawa Pos

Beras Malaysia Masuk ke Kalimantan Utara

-

TARAKAN – Jenis barang-barang asal Malaysia yang diselundup­kan ke wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) tak hanya berupa produk makanan ringan maupun minuman dalam kemasan. Beras dari negeri jiran itu pun mulai dibawa ke wilayah provinsi ke-34 tersebut.

Misalnya yang terlihat Rabu (14/2) sekitar pukul 18.10 Wita. Saat itu Satuan Polisi Perairan (Polair) Tarakan menahan kapal bermuatan sembako dan tabung gas asal Malaysia yang tidak disertai dengan dokumen perdaganga­n. Perwira Urusan (Paur) Subbag Humas Ipda Taharman yang mewakili Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit mengungkap­kan, kapal tersebut diamankan ketika akan sandar di sekitar kawasan Beringin I.

Kapal bernama KM Mario itu mengangkut 696 karung beras berbagai merek asal Malaysia. Masing-masing seberat 10 kilogram. Selain itu, ditemukan 2 kardus minyak goreng, 50 karung sosis, dan 110 tabung gas. ”Barang-barang itu akan diperdagan­gkan dan diperjualb­elikan kembali ke masyarakat,” ujar Taharman kemarin (16/2).

Taharman menyebutka­n, berdasar hasil pemeriksaa­n sementara, nakhoda kapal yang berinisial R merupakan warga Sebatik, Kabupaten Nunukan. Sedangkan untuk pemilik barang tersebut, polisi belum tahu karena yang bersangkut­an berada di Malaysia.

Menurut Taharman, R mengaku baru kali pertama mengangkut barang Malaysia ke Tarakan. R dibantu seorang anak buah kapal (ABK). Namun, saat ini baru R yang ditetapkan sebagai tersangka karena memiliki kapal yang tidak disertai izin perdaganga­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia