Jawa Pos

Hindari Hat-trick Seri

-

EIBAR – Barcelona hanya bisa menambah dua poin dalam dua jornada terakhir di La Liga. Situasi itu jelas menimbulka­n kepanikan. Sebab, gap dengan Atletico Madrid kini menipis menjadi tujuh poin (5952). Nah, agar rival tak semakin dekat, Barca harus mengakhiri tren seri dalam dua laga terakhir. Tiga poin harus dikantongi saat melawat ke Stadion Ipurua menghadapi Eibar malam ini.

Tapi, misi tersebut juga berat. Sebab, Barca harus membagi konsentras­i lantaran Rabu mendatang (21/2) mereka harus melawat ke Stamford Bridge menghadapi Chelsea di Liga Champions. Lionel Messi yang belum mencetak gol dalam tiga laga terakhir seharusnya bisa diturunkan jika targetnya ingin mengejar kemenangan. Apalagi, Eibar adalah lawan favorit Messi. Dalam tiga lawatan terakhir ke Ipurua, Messi sudah melesakkan enam gol. Total, bomber berjuluk La Pulga itu sudah 12 kali membobol gawang Eibar, baik di laga tandang maupun kandang.

Persoalann­ya, Barca juga membutuhka­n tenaga Messi di Stamford Bridge. So, sangat mungkin Messi hanya diturunkan sebagai pengganti. ’’Sangat masuk akal seandainya tidak setiap pertanding­an kami meraih tiga poin karena tim selalu mengalami kemerosota­n,’’ kata Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, kepada Marca.

Rotasi di lini depan sangat mungkin terjadi. Apalagi, Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia sudah meminta Barca untuk tak memforsir tenaga Messi. Sebab, Argentina juga butuh Messi di Piala Dunia 2018.

Di sisi lain, kepada EFE, gelandang Barca Sergio Busquets mengatakan, timnya lebih fresh setelah menikmati liburan pertengaha­n pekan ini. ’’Periode Januari–Februari ini menuntut ketangguha­n fisik maupun mental kami di lapangan. Namun, hal itu tak bisa dijadikan alasan atau pemakluman,” tutur Busquets.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia