Jawa Pos

Selangkah Lagi Jadi No 1

-

ROTTERDAM – Setelah meraih gelar grand slam ke-20-nya di Australia Open (28/1), Roger Federer bersiap sekali lagi membuat catatan sensasiona­l pekan ini. Kemarin dia memastikan menembus perempat final Rotterdam Open. Itu berarti selangkah lagi petenis 36 tahun tersebut kembali menjadi nomor satu dunia.

Federer menyingkir­kan petenis Jerman Philipp Kohlschrei­ber dua set langsung, 7-6(8), 7-5. Itu menjadi kemenangan ke-13 Federer atas Kohlschrei­ber di berbagai ajang. Di perempat final hari ini, maestro asal Swiss tersebut akan menghadapi andalan tuan rumah Robin Haase. Jika kembali menang, Federer akan kembali ke puncak ranking dunia kali pertama sejak Oktober 2012.

Selain itu, Federer bakal mencatatka­n rekor baru sebagai petenis putra nomor satu dunia tertua. Dia memecahkan rekor sebelumnya milik legenda Amerika Serikat Andre Agassi yang menjadi nomor satu dunia pada usia 33 tahun 133 hari pada 2003.

’’Saya tidak pernah membayangk­an punya kesempatan ini lagi,’’ kata Federer dilansir AFP. ’’Pascaopera­si lutut (Februari 2016), ranking pertama dunia bagi saya adalah hal yang sangat sulit untuk direbut,’’ imbuhnya.

Hingga kini, Federer juga tercatat sebagai petenis tunggal putra yang paling lama menduduki ranking I dunia sepanjang masa. Durasi yang dia kumpulkan adalah 302 pekan.

Di posisi kedua bercokol legenda AS lainnya, Pete Sampras, selama 286 minggu. Rafael Nadal, petenis nomor satu dunia saat ini, bertengger di peringkat pertama dunia selama 167 minggu. Namun sayang, Nadal masih istirahat gara-gara cedera lutut yang terus membekapny­a.

Selain Federer dan Haase, enam petenis lagi memastikan tempat di delapan besar. Mereka adalah Andreas Seppi, Daniil Medvedev, Tomas Berdych, David Goffin, Andrey Rublev, dan unggulan kedua asal Bulgaria Grigor Dimitrov.

 ?? KOEN SUYK/AFP PHOTO/ANP ?? MASIH TANGGUH: Bintang Swiss Roger Federer saat menghadapi Philipp Kohlschrei­ber (Jerman) pada babak 16 besar Rotterdam Open kemarin.
KOEN SUYK/AFP PHOTO/ANP MASIH TANGGUH: Bintang Swiss Roger Federer saat menghadapi Philipp Kohlschrei­ber (Jerman) pada babak 16 besar Rotterdam Open kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia