Jawa Pos

Plus di Pendidikan dan Kesehatan, Kurang di Infrastruk­tur

Wawancara Dua Tahun Kepemimpin­an Bupati Saiful Ilah-Wabup Nur Ahmad Syaifuddin

-

Pasangan Bupati Saiful Ilah-Wabup Nur Ahmad Syaifuddin sudah dua tahun memimpin Sidoarjo (2016– 2018). Bagaimana penilaian sejumlah tokoh atas capaian kepemimpin­an pasangan tersebut? Dimulai dari pendapat Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Masa kepemimpin­an Bupati Saiful Ilah dan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin sudah dua tahun. Apa yang sudah baik?

Salah satu program yang berjalan baik adalah kucuran anggaran bantuan operasiona­l sekolah daerah (bosda). Naik signifikan. Setiap siswa SD mendapatka­n kucuran Rp 29.000 per bulan. Dulu Rp 20.000.

Untuk bosda SMP bagaimana?

Juga meningkat drastis. Dari sebelumnya Rp 50.000 menjadi Rp 70.500. Bosda itu pun diberikan merata dan sama antara sekolah negeri dan swasta.

Selain bosda, apalagi yang menurut Anda berjalan baik?

Pelayanan kesehatan. Misalnya, RSUD Sidoarjo yang saat ini menjadi rujukan bagi daerah-daerah lain. Ke depan, juga dibangun RSUD di wilayah barat.

Di Sidoarjo ada ribuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selama dua tahun ini, apa intervensi yang dilakukan pasangan bupati dan Wabup sekarang?

Cukup banyak. Mulai promosi dan pemberdaya­an seperti upaya promosi. Bukan hanya ke publik Sidoarjo dan sekitarnya, tetapi juga di tingkat nasional maupun internasio­nal.

Soal kondusivit­as daerah sebagai syarat penting investasi. Bagaimana selama dua tahun terakhir ini?

Secara fair, saya menilai kelebihan kepemimpin­an Bupati Saiful adalah menjaga kerukunan di Sidoarjo. Itu yang luar biasa sehingga Sidoarjo sangat kondusif. Investasi pun terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ada sejumlah proyek atau program infrastruk­tur yang boleh dibilang stagnan atau belum ada perkembang­an signifikan. Anda sependapat?

frontage road

Ada lagi yang kurang?

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? Memang masih ada banyak PR yang harus diselesaik­an. Yang paling menonjol tentu saja penyelesai­an dan mengatasi kemacetan di titiktitik lainnya.
Pengendali­an banjir. Memang banjir selalu menjadi problem Sidoarjo sebagai wilayah delta. Tapi, luasan dan...
BOY SLAMET/JAWA POS Memang masih ada banyak PR yang harus diselesaik­an. Yang paling menonjol tentu saja penyelesai­an dan mengatasi kemacetan di titiktitik lainnya. Pengendali­an banjir. Memang banjir selalu menjadi problem Sidoarjo sebagai wilayah delta. Tapi, luasan dan...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia