Jawa Pos

Awali Tahun dengan Ucap Syukur

-

SIDOARJO – Begitu jam menunjukka­n pukul 00.00, panitia keluar dari Kelenteng Tjong Hok Kiong. Mereka lantas menyalakan belasan kembang api dengan berbagai ukuran. Warga sekitar Jalan Hang Tuah pun berduyun-duyun menyaksika­n momen tersebut kemarin (16/2).

Langit yang awalnya gelap terlihat indah. Warna dan formasi kembang api membuat pesta pergantian tahun penanggala­n Tiongkok itu terasa semarak.

Irianto alias Tek Ming, salah seorang pengurus, menjelaska­n bahwa pesta kembang api adalah tradisi yang tak bisa dipisahkan dari Imlek. Sebelum menyalakan kembang api, umat bersembahy­ang di kelenteng. Mereka bersyukur atas tahun penuh cerita yang sudah berlalu.

Aktivitas serupa dilakukan setelah pesta kembang api berakhir. Umat kembali bersembahy­ang sebagai tanda syukur dan bentuk optimisme untuk menjalani tahun yang baru. ’’Hari ini kami silaturahm­i ke sanak saudara. Merayakan Imlek dengan keluarga besar,’’ terang Irianto.

Kemeriahan perayaan Imlek juga terlihat di Lippo Plaza Sidoarjo kemarin. Pukul 10.40–16.00, pengunjung dihibur dengan beragam acara. Mulai pantomim hingga Gong Xi Hip Hop Dance dari Dance Gong Xi. Para siswa unjuk kemampuan menari dan menyanyi. Ada pula yang membawakan puisi dan wushu.

Tepat pukul 14.00, pengunjung Lippo Plaza disuguhi drama musikal History of Barongsai. Empat puluh lima menit kemudian, komunitas Tarung Derajat Sidoarjo menampilka­n aksi tarung derajat.

Perayaan itu ditutup dengan atraksi barongsai dari Atrium Liong. ’’Setiap tahun di Lippo kami peringati tepat pada Tahun Baru Imlek,’’ kata Bayu Hardiyanto, supervisor marketing communicat­ion Lippo Plaza Sidoarjo.

Hampir 900 orang turut meramaikan peringatan Tahun Baru Imlek tersebut. ’’Kami bekerja sama dengan PG sampai SMA Mutiara Bunda,’’ lanjut Bayu.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? SEMARAK: Pengunjung Lippo Plaza melihat barongsai kemarin. Foto kiri, pengurus Kelenteng Tjong Hok Kiong menyalakan kembang api.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS SEMARAK: Pengunjung Lippo Plaza melihat barongsai kemarin. Foto kiri, pengurus Kelenteng Tjong Hok Kiong menyalakan kembang api.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia