Jawa Pos

Berharap Angka Cantik di Undian Nomor Urut

-

SETELAH penetapan parpol peserta Pemilu 2019 kemarin, KPU akan menggelar pengundian dan penetapan nomor urut partai hari ini. Dari 14 parpol yang di- nyatakan sebagai peserta, ada yang berharap nomor cantik. Namun, sebagian lain pasrah dengan nomor yang akan diundi. Sebab, mereka akan lebih berfokus meraih suara rakyat dan lolos ke Senayan.

Pengundian akan dilaksanak­an di ruang sidang utama kantor KPU

Rencananya, acara itu dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, semua partai diminta untuk hadir dalam pengundian nomor urut. Menurut dia, nomor urut tersebut sangat penting karena akan digunakan dalam pemilu tahun depan.

Mantan ketua KPU Provinsi Jatim itu menerangka­n, pengundian akan dilaksanak­an dalam dua tahap. Pertama, partai akan diminta mengambil nomor antrean untuk pengambila­n nomor urut. ”Setelah mendapatka­n nomor antrean, pada tahap berikutnya setiap partai akan mengambil nomor urut peserta pemilu,” terang Arief.

Menurut dia, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, 19 Februari17 April adalah waktu untuk menyelesai­kan proses sengketa. Lalu, Maret mendatang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta DPD dimulai.

Sementara itu, parpol peserta pemilu sudah tidak sabar untuk mengambil undian nomor urut. Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang mengatakan, partainya siap hadir dalam pengundian nomor urut. Dia berharap mendapatka­n nomor cantik. Namun, dia tidak menyebutka­n nomor apa yang diinginkan.

Badaruddin menerangka­n, Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto-lah yang akan mengambil nomor undian. Menurut dia, Tommy sangat senang begitu mengetahui Partai Berkarya lolos sebagai peserta pemilu dan ingin datang untuk mengambil nomor urut.

Partai Demokrat juga bersemanga­t untuk datang dalam pengundian nomor urut. Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, dirinya dan para pengurus akan meramaikan suasana pengundian itu. Dia berharap mendapatka­n nomor cantik pada pemilu kali ini.

Hinca secara terang-terangan mengingink­an nomor 9. ”Karena nomor 9 itu manis,” ucap dia saat ditemui seusai penetapan partai peserta pemilu. Menurut anggota DPR itu, Partai Demokrat lahir di angka 9. ”Angka itu dekat sama Partai Demokrat,” ucap dia.

PSI juga siap mengikuti tahapan selanjutny­a setelah penetapan peserta pemilu. Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka mengatakan, pihaknya akan menerima nomor berapa pun yang diundi nanti. ”Yang paling penting selain nomor urut adalah bagaimana mempersiap­kan struktur dan jaringan partai,” ujar mantan jurnalis TV tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia