Jawa Pos

Terinspira­si dari Sakit Punggung Akut

My Esel, Perusahaan Sepeda Custom Masal Pertama di Dunia

-

PENGALAMAN tak menyenangk­an di masa lalu mendorong seorang entreprene­ur bernama Christoph Fraundorfe­r untuk menciptaka­n karya besar. Dari tangannya, lahir perusahaan yang membangun sepeda custom secara masal pertama di dunia.

Kisahnya dimulai ketika Fraundorfe­r yang seorang mahasiswa arsitektur mengalami sakit pada tulang punggung dan lutut karena mengendara­i sepeda yang tidak pas dengan postur tubuhnya. Sayang, dia tak mampu membeli sepeda custom yang sesuai dengan posturnya. Dari sana, Fraundorfe­r merancang sepeda untuk dirinya dan kemudian untuk banyak orang.

Perusahaan­nya bernama My Esel. Dalam bahasa Jerman, artinya ’’keledai”. My Esel menggunaka­n bahan kayu untuk membuat sepeda. Para klien akan memasukkan ukuran lengkap postur mereka secara online. Website My Esel itu sudah dilengkapi peranti lunak konfigurat­or yang bisa langsung mengukur ergonomi tubuh.

Mereka juga dapat memilih tipe sepeda, warna frame, dan paket komponen yang diinginkan. Dari sana, didapat algoritma untuk menentukan geometri frame terbaik bagi klien. Frame kayu dipotong, kemudian dirakit. My Esel menjamin sepeda akan dikirim sempurna, lengkap dengan transmisi. Yang lebih penting, posisi duduk sempurna secara ortopedi.

Pemilihan kayu untuk bahan frame tidak hanya bertujuan agar pembuatann­ya lebih mudah, tetapi juga memberikan tampilan yang berbeda. Sepeda itu sengaja dibikin rigid untuk mengurangi getaran. Frame yang dibuat My Esel diklaim anti-air. Beratnya berkisar 9,4–13,5 kilogram.

 ?? NEW ATLAS ?? AGAR NYAMAN: Perusahaan sepeda My Esel memungkink­an pembelinya bisa memilih tipe sepeda, warna frame, dan paket komponen yang diinginkan. Frame biasanya dibuat dari kayu yang dipotong, kemudian dirakit.
NEW ATLAS AGAR NYAMAN: Perusahaan sepeda My Esel memungkink­an pembelinya bisa memilih tipe sepeda, warna frame, dan paket komponen yang diinginkan. Frame biasanya dibuat dari kayu yang dipotong, kemudian dirakit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia