Jawa Pos

Uji Materi UU MD3 Tak Mudah

Ketua Langgar Kode Etik, Marwah MK Menurun

-

JAKARTA – Pengajuan gugatan uji materi UU MPR, DPR, DPRD, dan DPD (UU MD3) ke Mahkamah Konstitusi (MK) diprediksi bakal tidak mudah. Sebab, saat ini lembaga di bawah pimpinan Arief Hidayat itu juga sedang bermasalah. Arief terbukti dua kali melanggar kode etik dan kini sedang didesak mengundurk­an diri.

Ketua Pusat Studi Hukum dan Hak Asasi Manusia (Pusham) Herlambang P. Wiratraman menuturkan, faktor pelanggara­n etik dua kali oleh Ketua MK Arief Hidayat itu jelas sangat memengaruh­i publik. Selain itu, publik menyoroti kinerja MK dari putusan terkait hak angket DPR terhadap KPK lantaran dianggap melemahkan independen­si KPK.

”Diperkenan­kannya hak angket DPR justru membiarkan intervensi lembaga legislatif kepada KPK. Putusan itu juga memengaruh­i pandangan publik atas konsistens­i putusan dan marwah MK,” ujar Herlambang kemarin (17/2).

Akademisi dari Fakultas Hukum Unair itu mengungkap­kan, ketidakper­cayaan publik pada lembaga negara justru menguatkan upaya pembangkan­gan sipil dalam beragam bentuk. Seruan tersebut, antara lain, dilakukan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) pada Rabu (14/2). Publik haus akan pembelajar­an politik yang beradab melalui penguatan integritas moral individual pejabat publik.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengakui, pasal-pasal baru dalam UU MD3 terlalu prematur. Sebab, pendapat-pendapat ahli hukum tata negara masih satu pihak. Belum ada pembanding ahli yang didengarka­n DPR. ”Paling tidak satu masa sidang lagi dengarkan ahli hukum tata negara (pembanding), dan harus dibandingk­an,” tuturnya kemarin.

Yang menuai kontrovers­i, salah satunya, adalah pasal 73 ayat (3). Disebutkan, DPR bisa melakukan panggilan paksa dengan bantuan polisi terhadap pihak yang dipanggil tiga kali berturuttu­rut tidak hadir tanpa alasan jelas.

Putusan itu juga memengaruh­i pandangan publik atas konsistens­i putusan dan marwah MK.” HERLAMBANG P.W. Ketua Pusham

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia