Jawa Pos

Mazzarri Melawan Tradisi

-

TURIN – Terlalu jauh perbanding­an antara Juventus dan Torino musim ini. Mulai faktor teknis hingga nonteknis. Hanya, bila penampilan Torino sejak 2018 dilihat, Nyonya Tua –julukan Juventus– layak waspada.

Sebab, sejak Walter Mazzarri menjadi suksesor Sinisa Mihajlovic pada 4 Januari, Andrea Belotti dkk belum tersentuh kekalahan. Sebaliknya, laju sempurna Juve plus

clean sheet sepanjang 2018 harus ternoda saat ditahan

2-2 oleh Tottenham Hotspur pada first leg 16 besar Liga Champions (14/2).

”Derby selalu istimewa. Besok (hari ini, Red) adalah Derby della Mole pertama saya. Kami sudah menyiapkan pertanding­an ini dengan tenang dan sebaik-baiknya seperti beberapa laga sebelumnya,” ujar Mazzarri dalam konferensi pers tadi malam seperti dikutip

Football Italia.

Bagi pelatih 56 tahun itu, laga yang dihelat di Olimpico Grande Torino nanti juga menjadi ”derby” pribadinya dengan allenatore Juve Massimilia­no Allegri. Ya, dua pelatih tersebut berasal dari Tuscan, Livorno. Meski satu daerah, hubungan kedunya tak pernah mesra. Media sering membanding­kan hubungan Allegri dan Mazzarri seperti Jose Mourinho dan Antonio Conte di Premier League.

Meski demikian, Allegri mengakui perubahan positif Torino sejak ditangani Mazzarri. ”Mereka (Torino, Red) belum kebobolan di kandang sejak Mazzarri masuk. Itu bukti bahwa Torino tim solid,” ujar Allegri. ”Selalu ada tekanan untuk laga derby. Dan, tiga poin di laga ini bisa membuat kami terus menekan Napoli,” sambung pelatih 50 tahun itu.

Torino boleh pede bersama Mazzarri. Namun, Juve tetap diunggulka­n. Salah satunya karena faktor materi pemain. Opsi di lini depan Nyonya Tua semakin bervariasi menyusul pulihnya Paulo Dybala. Dybala absen sejak 6 Januari lantaran cedera hamstring. Head-to-head kedua tim dikuasai mutlak oleh Bianconeri, julukan lain Juve.

Dari 15 pertemuan terakhir,

Torino hanya sekali menang.

Sisanya?

Tiga belas kalah dan sekali seri.

Namun, Juve harus mewaspadai motivasi kapten sekaligus striker utama Torino Andrea Belotti. Sebab, dia berhasil mengakhiri scoreless-nya dalam 57 hari via satu gol yang dicetak saat membantu Torino menang 2-0 melawan Udinese (11/2). Mazzarri melihat pertemuan Belotti dan Higuain bisa jadi kunci pada laga nanti.

 ?? GRAFIS BUDIONO/JAWA POS MARCO BERTORELLO/AFP PHOTO ?? Faktor lainnya yang harus dihadapi Mazzarri adalah tradisi. TEKAN RIVAL: Gonzalo Higuain ketika menghadapi Tottenham Hotspur Rabu lalu (14/2).
GRAFIS BUDIONO/JAWA POS MARCO BERTORELLO/AFP PHOTO Faktor lainnya yang harus dihadapi Mazzarri adalah tradisi. TEKAN RIVAL: Gonzalo Higuain ketika menghadapi Tottenham Hotspur Rabu lalu (14/2).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia