Jawa Pos

Kreasi Hiasan dari Amplop

-

SURABAYA – Mendapat banyak angpao pada perayaan Imlek tahun ini? Jangan dibuang dulu amplopnya. Dengan sentuhan tangan kreatif, wadah angpao itu bisa dikreasika­n menjadi beragam benda menarik. Bahkan cocok sebagai hiasan ruangan.

Salah satunya, pembuatan lampion dari amplop angpao. Butuh enam amplop untuk membentuk lampion. Kertas yang sudah dibentuk segi tiga kecil direkatkan satu sama lain. Kemudian, ditambah hiasan tali. Jadilah lampion kecil yang lucu untuk dipajang di depan kamar.

Madeleine Aliza dan Raphael Aurelio adalah dua anak yang bisa menyelesai­kan lampionnya. Mereka lantas menunjukka­nnya kepada sang mama, Magdalena Puspita Dewi. Setelah itu, mereka bersama-sama membuat kreasi lain dari amplop angpao. ’’Bikin apa ya?’’ tanya Magdalena saat mengikuti kegiatan pengenalan Sekolah Margie di Little Tokyo Pakuwon Mall kemarin (17/2).

Mama-anak itu kemudian bekerja sama menyusun amplop angpao. Semakin lama, makin terlihat bentuknya. ’’Ini jadi mahkota raja,’’ kata Magdalena sembari memasangka­n hiasan tersebut di kepala Raphael. Bocah laki-laki yang masih playgroup itu pun girang. Selain mereka, mama-anak lainnya berkreasi dengan amplop angpao. Ada yang membuat kipas hingga kepala barongsai.

Kepala KB-TK Margie Siti Aisa menuturkan, kegiatan tersebut diadakan sebagai upaya menumbuhka­n kreativita­s anakanak. Terutama dengan bendabenda yang dianggap sudah tidak terpakai. Jika didaur ulang, rupanya benda-benda itu bisa menghasilk­an karya yang lebih baik. ’’Guru-guru yang memiliki ide untuk memanfaatk­an kertas amplop angpao,’’ imbuhnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SERIUS: Magdalena Puspita (kanan) ketika membimbing putranya, Raphael Aurelio, membuat kerajianan dari kertas angpao untuk dibentuk menjadi topi.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SERIUS: Magdalena Puspita (kanan) ketika membimbing putranya, Raphael Aurelio, membuat kerajianan dari kertas angpao untuk dibentuk menjadi topi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia