Jawa Pos

Mulai Aktifkan Sistem Informasi Rumah Sakit

Permudah Pasien dan Dokter

-

GRESIK – Layanan untuk orang sakit di RSUD Ibnu Sina semakin mudah. Pasien tidak perlu lagi repot-repot membawa banyak berkas riwayat kesehatan. Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIM-RS) membuat proses administra­si semakin sederhana.

Sistem tersebut baru beroperasi pada bulan ini. Sistem berbasis data komputer itu berisi informasi pasien secara terperinci. Mulai riwayat sakit, periksa, hingga tindakan yang pernah didapat.

Selama ini, pasien kerap direpotkan oleh berbagai persyarata­n administra­tif yang njelimet. Belum lagi kalau ada berkas yang hilang. Misalnya, hasil laboratori­um. Selain harus menjalani cek ulang, pasien harus menambah biaya.

’’Sekarang lebih mudah dan simpel,’’ ujar Wadir Umum dan Keuangan RSUD Ibnu Sina Maftukhan kemarin (18/2).

Menurut dia, sistem informasi terpadu tersebut mempermuda­h pelayanan di rumah sakit. Pasien yang datang akan langsung terdata. Begitu data masuk, sistem secara otomatis menentukan tujuan pasien berobat. Bisa ke poli umum, spesialis, atau radiologi. ’’Sudah terintegra­si ke semua ruangan,’’ jelasnya.

Mantan kepala bidang pelayanan medik itu menyatakan, banyak keuntungan dengan sistem tersebut. Salah satunya, pasien yang pernah menjalani rawat inap atau sekadar periksa akan tercatat dalam satu induk data. Jadi, ketika pasien tersebut kembali datang, riwayatnya masih tersimpan.

Selain riwayat pasien, sistem tersebut berisi program keuangan rumah sakit. Sistem pembayaran lebih mudah dan transparan. ’’Itu sekarang sedang dikembangk­an,’’ kata Maftukhan.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Ibnu Sina dr Wiwik Tri Rahayuning­sih menambahka­n, bukan hanya pasien yang dipermudah. Dokter yang menangani juga bisa mendapat informasi lebih lengkap. Baik riwayat pasien maupun tindakan yang pernah diberikan. ’’Dengan demikian, tindakan lanjutan bisa lebih tepat sasaran,’’ terangnya.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universita­s Airlangga Surabaya itu menyatakan, SIM-RS akan diintegras­ikan dengan rumah sakit lain. Sebab, RSUD Ibnu Sina merupakan rumah sakit rujukan regional.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia