Jawa Pos

Pedagang Keluhkan Harga Lelang Mahal

-

GRESIK – Pedagang Pasar Giri mengadukan harga jual stan ke DPRD Gresik. Mereka menilai harga stan kemahalan. Sebab, Dinas Koperasi, Perindustr­ian, Perdaganga­n, dan UKM (Diskoperin­dag) Gresik menerapkan mekanisme lelang dalam penjualan sejumlah stan.

Stan berukuran 2 x 3 meter misalnya. Harga per meter ditetapkan Rp 12,5 juta. Harga stan normal mencapai Rp 75 juta. Namun dalam praktiknya, ternyata harganya melonjak menjadi Rp 80 juta sampai Rp 90 juta. ’’Ini kan tidak adil. Pasti yang menawar paling tinggi yang dapat,” kata Nuraini, seorang pedagang.

Dia mengaku sudah 30 tahun berjualan di Pasar Giri. Sebelum pasar itu terbakar pada 2015, dia punya dua unit stan. Namun, setelah revitalisa­si selesai sekarang, dia malah tidak dapat stan. Hanya kebagian los terbuka berukuran 1,5 x 2 meter di bagian belakang.

’’Harusnya kan pedagang lama dipriorita­skan,” kata dia.

Data diskoperin­dag menyebutka­n, Pasar Giri memiliki 113 stan. Yaitu, 50 stan tertutup dan 63 stan terbuka. Harga jual bergantung pada ukuran. Stan ukuran 2 x 3 meter dihargai Rp 75 juta. Stan tertutup ukuran 1,5 x 2 meter sekitar Rp 39 juta. Adapun harga stan terbuka dengan ukuran yang sama hanya Rp 3,7 juta. Sebagian besar pedagang lama akhirnya menyewa yang paling murah.

’’Sebagian pedagang mengadu ke dewan karena tidak cukup uang saja,” kata Kepala Diskoperin­dag Agus Budiono.

Bagaimana soal harga lelang yang tinggi? Dia menyatakan, lelang hanya diberlakuk­an untuk sejumlah stan tertutup di bagian depan. Itu dilakukan untuk menghindar­i rebutan stan antarpedag­ang. ’’Semua kan pasti berebut ingin di depan. Supaya tidak berebut, ya dengan dilelang ini,” jelas Agus.

Komisi II DPRD Gresik menuding diskoperin­dag melakukan pelanggara­n. Wakil Ketua Komisi II Jumanto menilai, instansi terkait telah melakukan mark-up harga stan. ’’Masak harga stan lebih tinggi dari harga normal. Itu jelas pelanggara­n,” katanya kemarin. Jumanto minta tim saber pungli untuk bertindak dengan mengusut aduan para pedagang.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? LENGANG: Sebagian stan di Pasar Giri tutup karena belum terjual. Stan dijual dengan cara dilelang oleh diskoperin­dag.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS LENGANG: Sebagian stan di Pasar Giri tutup karena belum terjual. Stan dijual dengan cara dilelang oleh diskoperin­dag.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia