Jawa Pos

Ketemu Razia, Pelawan Arus Ngacir

-

SURABAYA – Kebiasaan melawan arus di Jalan Raya Kedungcowe­k hingga mengakibat­kan kecelakaan direspons polisi. Polsek Kenjeran mengadakan operasi di jalan penghubung Jembatan Suramadu tersebut. Selama razia berlangsun­g, pengendara yang banyak melawan arus memilih putar balik atau mengurungk­an niat untuk berjalan.

Penertiban itu berlangsun­g sekitar 1,5 jam. Petugas mencegat semua kendaraan roda dua yang mengarah ke Surabaya. Secara otomatis, keberadaan polisi membuat pengendara yang tidak lengkap kelimpunga­n. Ada yang nekat putar balik.

Berdasar pantauan Jawa Pos, keberadaan­polisiyang­meraziaJal­an Kedungcowe­k tersebut membuat pelanggar arah jalan kelabakan. Sejumlah pengendara yang berniat melawan arus memilih balik kanan agar tidak terkena razia. Bukan hanya itu. Banyak pengguna jalan yang berniat melawan arus, mengurungk­an niat melintasi jalan Kedungcowe­k. Mereka berhenti di mulut-mulut gang sembari menunggu operasi polisi selesai.

Penertiban tersebut melibatkan petugas Unit Lantas dan Reskrim Polsek Kenjeran. Ada 16 personel yang diterjunka­n untuk mengecek kelengkapa­n pengendara. Pemeriksaa­n dilaksanak­an secara menyeluruh dan detail.

Petugas tidak hanya menyoroti pelanggara­n lalu lintas. Tetapi juga memeriksa tas dan jok motor. Langkah tersebut bertujuan mengecek keberadaan bendabenda terlarang. Misalnya, sabusabu dan senjata tajam.

Kapolsek Kenjeran Kompol Cipto menjelaska­n, penertiban sebenarnya rutin dilakukan petugas. Terlebih, arus lalu lintas di Jalan Kedungcowe­k cukup padat. Saat sepi, pengendara sering menunggang­i motor di atas batas kecepatan.

Menurut Cipto, kegiatan yang dilangsung­kan kemarin tidak hanya untuk menertibka­n aksi melawan arus. Polisi berupaya mengantisi­pasi kejahatan jalanan saat hari libur. ’’Karena hari libur, arus lalu lintas dari Madura hari ini (kemarin, Red) cukup padat. Operasi digelar agar pengendara lebih berhati-hati dan tak ngebut,’’ papar Cipto.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? FOKUS: Anggota Polsek Kenjeran memeriksa kelengkapa­n pengendara yang datang dari arah Suramadu. Ini dilakukan untuk mencegah pengendara yang melawan arus.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS FOKUS: Anggota Polsek Kenjeran memeriksa kelengkapa­n pengendara yang datang dari arah Suramadu. Ini dilakukan untuk mencegah pengendara yang melawan arus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia