Jawa Pos

Taklukkan Tantangan Berbahasa Jawa

Aktor-Aktris Yowis Ben Sapa Pengunjung Mal

-

SURABAYA – Teriakan Yowis Ben berulang-ulang menggema di Atrium Royal Plaza kemarin (17/2). Kor dari pengunjung mal itu menyambut para pemeran film yang disutradar­ai YouTuber Bayu Skak ke atas panggung. Bayu bersama band Yowis Ben juga menghibur penonton dengan menyanyika­n soundtrack film.

Ada empat lagu andalan mereka. Yakni, Ojo Bolos Pelajaran, Gak Iso Turu, Konco Sing Apik, dan Mangan Pecel. Bayu datang bersama para pemain Yowis Ben. Mereka, antara lain, Brandon Salim, Joshua Suherman, Tutus Thomson, Cut Meyriska, Aliyah Faizah, dan Glenca Chysara. Juga, Fajar Nugros dan produser Chand Parwez Servia. Mereka mengajak pengunjung nonton bareng film yang 80 persen berbahasa Jawa itu dalam gala premiere kemarin.

’’Piye kabare, cuk?” sapa Brandon. Seketika suasana atrium heboh. Kalimat bahasa Jawa itu memang mengundang perhatian. Brandon mengaku baru saja bisa melafalkan kalimat itu setelah terlibat dalam film tersebut. ’’Saya asli Jakarta. Tidak bisa berbahasa Jawa sama sekali,” jelas pemeran Benny dalam film Dilan 1990 tersebut.

Bahasa Jawa adalah tantangan terbesar Brandon saat memutuskan bergabung dalam film Yowis Ben. ’’Bay, saya itu nggak bisa bahasa Jawa,” ujar Brandon saat kali pertama menjawab ajakan Bayu.

Sementara itu, dalam film tersebut, Bayu merangkap sebagai sutradara, pemain utama, dan pencetus ide cerita. Banyak hal baru yang ditangkap pria asli Malang tersebut. Terlebih, itu adalah film pertamanya. ’’Banyak yang meremehkan. Tapi, saya tidak masalah,” ungkap pria bernama lengkap Bayu Eko Moektito tersebut.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BAHASA LOKAL: Bayu Skak (tengah) bersama para pemeran film Yowis Ben menghibur pengunjung di atrium Royal Plaza kemarin (17/2).
DIPTA WAHYU/JAWA POS BAHASA LOKAL: Bayu Skak (tengah) bersama para pemeran film Yowis Ben menghibur pengunjung di atrium Royal Plaza kemarin (17/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia