Jawa Pos

Peluang Tuntaskan SMA dalam 2 Tahun

-

SURABAYA – SMAN 2 Surabaya menjadi sekolah yang mulai menerapkan program sistem kredit semester (SKS) pada awal tahun ajaran 2017–2018. Dalam sistem itu, siswa dituntut mampu menyelesai­kan unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) lebih cepat. Dengan begitu, siswa bisa menyelesai­kan SMA selama dua tahun.

Sekolah akan memberikan evaluasi kepada siswa tiga bulan sekali. Laporan nilai diberikan kepada setiap siswa. ’’Program ini sudah diterapkan pada kelas X,’’ kata Koordinato­r SKS SMAN 2 Hirman Pratikno. Sementara kelas XI dan XII masih menggunaka­n sistem lama.

Hirman menjelaska­n, satu semester terdiri atas tujuh UKBM. Kalau bisa menyelesai­kan lebih cepat, siswa diperboleh­kan mengambil SKS semester depan. Dengan begitu, siswa bisa menyelesai­kan sekolah dua tahun.

Satu UKBM dalam setiap jenjang kelas memiliki standar nilai yang berbeda. Untuk kelas X, nilai minimal agar siswa dinyatakan lulus UKBM adalah 75. Sementara itu, nilai 76 untuk kelas XI dan nilai 78 untuk kelas XII. ’’Semakin naik kelas, semakin tinggi standar nilainya,’’ jelasnya. Siswa yang tidak mampu memenuhi standar itu dianjurkan untuk remidi atau mengulang kembali UKBM.

Hingga semester pertama rampung, memang belum ada siswa yang mengambil SKS semester selanjutny­a. Meski begitu, pihak sekolah tetap optimistis program tersebut dapat diterapkan dengan baik. Prediksi itu, lanjut Hirman, makin kuat dengan banyaknya siswa yang mampu menyelesai­kan UKBM secara cepat. ’’Ini memang masih baru. Jadi, dibutuhkan penyesuaia­n. Terdapat sekitar 17 siswa yang mampu menyelesai­kan UKBM lebih cepat,” jelas Hirman. Ada evaluasi lagi pada Maret mendatang.

Untuk tahap awal ini, Hirman memperkira­kan ada satu kelas di antara total sepuluh kelas X saat ini yang mampu mengambil SKS semester selanjutny­a. ’’Itu kalau dijumlah keseluruha­n. Tapi, mereka tetap heterogen sesuai dengan kelas masingmasi­ng,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia