Jawa Pos

Ubah Gedung Dewan Jadi Islamic Center

-

SIDOARJO – Tahun ini pemkab berencana merevitali­sasi beberapa gedung. Selain kantor pemkab, ada rencana memindahka­n gedung dewan dan Lembaga Pemasyarak­atan (Lapas) Delta.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo Achmad Zaini, gedung DPRD akan dirancang satu atap dengan kompleks kantor Pemkab Sidoarjo saat ini. Ada beberapa keuntungan dengan penyatuan gedung DPRD dan kantor pemkab. ’’Koordinasi kian mudah dan lebih intensif,’’ paparnya.

Pelayanan kepada masyarakat, kata mantan kepala badan perencanaa­n pembanguna­n daerah (bappeda) itu, juga semakin baik dan mudah. Sebab, semua urusan terkait publik tersentral di satu lokasi. ”Kalau nanti gedungnya sudah dipindah, eks gedung dewan kami jadikan Islamic center,” kata Zaini. Bangunan Islamic center dirasa sangat penting. Apalagi, Kota Delta selama ini juga belum memilikiny­a. ’’Lokasinya juga pas, yakni bersebelah­an dengan masjid agung,’’ ujarnya.

Demi menunjang rencana tersebut, lanjut Zaini, Lapas Delta harus dipindahka­n. ”Lahan di lapas bisa difungsika­n sebagai tempat parkir. Dengan begitu, parkirnya nanti tidak lagi berada di alun-alun seperti saat ini,” paparnya.

Pejabat asal Pamekasan itu menerangka­n, Lapas Delta nanti dipindahka­n ke lahan milik pemkab lainnya. Di mana itu? Zaini belum bisa menyebutka­n. Yang jelas berada di kawasan kota, tapi bukan di jantung kota seperti saat ini. Menurut Zaini, relokasi Lapas Delta sangat penting. ”Sebab, saat ini Lapas Delta kan terlalu kecil. Tidak sesuai dengan jumlah penghuniny­a. Kondisi itu bisa menimbulka­n problem besar,” ujarnya.

Lapas Delta memang sudah overkapasi­tas. Daya tampung lapas yang berada di sisi barat Alun-Alun Sidoarjo itu hanya 350 orang. Namun, jumlah penghuniny­a mencapai tiga kali lipatnya.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? AKAN DIALIH FUNGSI: Tampak luar gedung DPRD Sidoarjo. Ada rencana memindahka­n kantor anggota dewan menjadi satu kompleks dengan pemkab.
GALIH COKRO/JAWA POS AKAN DIALIH FUNGSI: Tampak luar gedung DPRD Sidoarjo. Ada rencana memindahka­n kantor anggota dewan menjadi satu kompleks dengan pemkab.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia