Jawa Pos

Ganti Sammy dengan Fandy

-

PERTENGAHA­N dekade 2000-an adalah masa kejayaan Kerispatih. Alunan suara Samuel ”Sammy” Simorangki­r” begitu identik dengan sederet lagu hit yang akrab di telinga. Sebut saja Kejujuran Hati, Mengenangm­u, Tapi Bukan Aku, dan Lagu Rindu. Semua berubah ketika Sammy tersandung masalah narkoba pada 2009. Dia harus menjalani proses hukum.

Setelah melalui pertimbang­an panjang antara label, personel, dan pihak-pihak terkait, sebuah keputusan besar dibuat. Sammy dipecat sebagai vokalis Kerispatih. ”Berat sih, tapi mau bagaimana lagi,” ujar Dika, basis Kerispatih, dengan nada putus asa. Seolah belum bisa melupakan kejadian hampir satu dekade lalu itu.

Kerispatih saat itu menyisakan Anton (drum), Dika, Badai (keyboard), dan Arief (gitar). Mereka masih ingin berkarya. Apalagi, para Mahapatih –sebutan fans Kerispatih– masih banyak. Saat Sammy pergi, Kerispatih mengganden­g beberapa penyanyi untuk mengisi posisinya. Di antaranya, Yuni Shara, Tiwi T2, dan Judika.

Pada 2010, mereka mencari vokalis baru. Caranya adalah lewat audisi terbuka. Para peserta audisi melalui tahapan ketat. Audisi dimulai dengan mengirimka­n CD rekaman suara. Menurut Arief, mereka menerima sekitar 3.000 keping CD dari para peserta audisi.

Jumlah itu disaring menjadi 100 orang. Lantas, 100 orang itu harus menyanyi secara live di hadapan empat personel Kerispatih. Sampai terpilih tiga orang yang harus menjalani tahap audisi final. Yakni, menyanyi dengan diiringi musik dari keempat personel Kerispatih. Akhirnya, terpilihla­h Fandy Santoso sebagai vokalis baru. Fandy adalah jebolan ajang Indonesian Idol 2007.

Menurut para personel, suara Fandy yang tinggi memiliki ciri khas dan cocok dengan lagu-lagu Kerispatih. ”Dia itu juga cocok bawain lagu-lagu melankolis yang agak ngerock, seperti lagu-lagunya Kerispatih,” ujar Dika. Pada 2010, sebuah album berjudul Kerispatih and Friends

dirilis sebagai album pertama dengan vokalis Fandy. Hasilnya memuaskan. Salah satu single, Tertatih, sering masuk top 10 lagu terpopuler di radio. Meski begitu, hingga saat ini banyak yang menilai bahwa nama besar Kerispatih menurun seiring kepergian Sammy.

 ?? KERISPATIH FOR JAWA POS ?? MASIH BERJUANG: Formasi terakhir Kerispatih, dari kiri, Arief, Anton, Fandy, dan Dika berusaha kembali ke puncak popularita­s.
KERISPATIH FOR JAWA POS MASIH BERJUANG: Formasi terakhir Kerispatih, dari kiri, Arief, Anton, Fandy, dan Dika berusaha kembali ke puncak popularita­s.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia