Jawa Pos

Adu Kreasi Dua Paslon

-

SURABAYA – Deklarasi damai pilgub Jatim yang dihelat KPU kemarin (18/2) menjadi ajang unjuk kreativita­s dua pasangan calon (paslon) gubernurwa­kil gubernur Jatim.

Kubu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maupun Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno benarbenar beradu aksi dan kreasi dalam event yang berlangsun­g di pelataran parkir Maspion Square itu.

Lihat saja yang dilakukan KhofifahEm­il. Mengambil start dari Rumah Aspirasi di Jalan Diponegoro, keduanya berangkat ke lokasi acara dengan menaiki truk terbuka yang didesain layaknya panggung. ”Sebelum berangkat, mari kita berdoa dan bersalawat bersama,” kata Khofifah.

Duet Saifullah-Puti tak mau kalah. Mereka berangkat dengan menggunaka­n jip terbuka. Rombongan parpol pendukung juga tidak kalah kreatif. Ada yang membawa kereta kelinci hingga berkonvoi motor . Setiap motor dinaiki dua peserta dari partai berbeda. ”Ini adalah cerminan konsep besar kami menjadikan Jatim guyub-rukun,” kata Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah.

Di venue, kedua paslon juga sama-sama kreatif. Khofifah-Emil, misalnya. Bersama timnya, mereka menampilka­n kolaborasi tarian tradisiona­l Jatim serta modern dance. ’’Kampanye damai harga mati,’’ tegas Khofifah. Dia mengajak semua pihak me- nahan diri dan tidak ikut-ikutan orangorang yang sengaja memperkeru­h suasana Jatim dengan isu-isu negatif.

Cawagub Emil menambahka­n, caracara kotor dalam pilgub hanya akan merusak esensi demokrasi, yakni kedaulatan rakyat. Menurut dia, tidak mungkin kedaulatan rakyat terwujud jika proses demokrasi diwarnai politik uang, sentimen SARA, kampanye hitam, dan ujaran kebencian. ’’Saya dan Ibu Khofifah akan mengawal proses demokrasi lima tahunan ini agar tetap berjalan sesuai yang diharapkan rakyat,’’ tuturnya.

Sementara itu, kreasi menarik juga disajikan duet Gus Ipul-Puti. Bersama timnya, mereka menampilka­n sejumlah kesenian tradisiona­l yang dipadu dengan nuansa religi. Sesi tersebut juga menjadi ajang Saifullah-Puti untuk mengenalka­n program-program mereka.

Yang menarik, kedua pasangan saling bertukar oleh-oleh. Khofifah-Emil memberikan bunga dan Gus Ipul-Puti memberikan rangkaian balon untuk diterbangk­an bersama.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? KOMPAK DAMAI: Khofifah menyanyika­n lagu Rek Ayo Rek diiringi gitar yang dimainkan Emil saat deklarasi damai pilgub Jatim di Surabaya. Foto kanan, Gus Ipul-Puti menampilka­n program unggulan mereka di banner diiringi tari tradisiona­l.
GHOFUUR EKA/JAWA POS KOMPAK DAMAI: Khofifah menyanyika­n lagu Rek Ayo Rek diiringi gitar yang dimainkan Emil saat deklarasi damai pilgub Jatim di Surabaya. Foto kanan, Gus Ipul-Puti menampilka­n program unggulan mereka di banner diiringi tari tradisiona­l.
 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ??
GHOFUUR EKA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia