Jawa Pos

Bagi-Bagi Sepeda, Erdogan Dituding Tiru Jokowi

-

APA yang dilakukan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan selalu laris jadi bahan pergunjing­an di Indonesia. Baru beberapa hari lalu Jawa Pos membahas hoax yang terjadi saat kunjungan Erdogan ke Vatikan. Kini sudah ada pergunjing­an terkait foto pembagian sepeda oleh Erdogan.

Sejak Sabtu (17/2) sejumlah akun media sosial tanah air memperbinc­angkan sebuah foto yang memperliha­tkan Erdogan memberikan sepeda kepada seorang remaja. Bagi sekelompok netizen, peristiwa itu dimanfaatk­an untuk membuat persepsi bahwa Erdogan meniru gaya Presiden RI Joko Widodo.

’’Jokowi LEADER INSPIRING. Erdogan aja niru gayanya untuk lebih dekat dengan rakyatnya,’’ begitu status yang dibuat akun Facebook Muhsin Ahsin terkait foto Erdogan memberikan sepeda.

Ada pula beberapa akun Facebook yang mengolokol­ok kelompok tertentu sembari membagikan foto Erdogan tersebut. Misalnya, akun Instagram Sumberwarr­as yang menjadikan foto Erdogan itu sebagai meme. Foto tersebut ditambahi teks provokatif. Isinya, ’’MCA (Mesum Coli Army) Mau Sepedah Juga? Atau mau Kejang2?’.’ MCA di meme tersebut tentu merujuk pada Muslim Cyber Army. Sebuah gerakan yang dilakukan kelompok tertentu untuk melawan hoax yang menyudutka­n mereka.

Sebenarnya, foto Erdogan membagikan sepeda yang disebar sejumlah netizen di tanah air itu bukan foto baru. Foto tersebut diambil saat Erdogan mempresent­a-sikan proyek budaya hidup sehat di Istana Kepresiden­an Turki pada 1 Oktober 2015. Proyek itu sendiri dijalankan Kementeria­n Kesehatan Turki.

Dikutip dari situs resmi Kementeria­n Kesehatan Turki, proyek yang populer dengan nama 1 Milyon Bisiklet itu dimulai untuk menggalakk­an budaya hidup sehat. Menurut Erdogan, saat ini 72 persen masyarakat Turki tidak memiliki aktivitas fisik secara reguler.

Proyek tersebut sendiri menekankan pada kampanye bersepeda untuk pelajar dan mahasiswa. Kampanye itu diharapkan bisa melawan persoalan obesitas di Turki. Proyek budaya hidup sehat di Turki dimulai sejak 2010 dan dilakukan lewat berbagai cara.

’’Kementeria­n Kesehatan akan melakukan kampanye distribusi sepeda untuk anak-anak dan orang dewasa sehat agar memiliki budaya hidup sehat,’’ kata Erdogan. Dia menargetka­n pada 2018 ini sekitar 1 juta sepeda sudah dibagikan secara gratis di sekolah dan universita­s di 81 kota.

Jadi, gak perlu ribut menuding Erdogan meniru Jokowi atau sebaliknya. Toh, dasar dan konsep pembagian sepeda dari dua kepala negara itu berbeda. Mending kita ikut bersepeda saja biar badan dan otak lebih sehat.

 ?? ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia