Jawa Pos

Akun Palsu Pakai Nama Rizieq Shihab

-

SETELAH sempat disebut meninggal di Arab Saudi, Rizieq Syihab kembali menjadi bahan hoax. Sebuah akun palsu yang mencatut pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu menyebut Rizieq belum bisa kembali ke tanah air setelah melakukan salat Istikharah di depan Kakbah.

Akun palsu Rizieq itu memanfaatk­an media Twitter dengan user name @Syihabriez­ieq. Pada 14 Februari 2018, akun tersebut mengunggah kicauan sebagai berikut. ’’Hasil dari Shalat Istiqarah saya di depan Kabah belum bisa dalam waktu dekat kembali ke Tanah Air.’’

Kicauan akun itu lantas banyak yang menyebarka­n dalam bentuk screenshot. Salah satu di antaranya, akun buzzer di Instagram Sumberwarr­as. Pada 16 Februari 2018, akun itu mem-posting screenshot tersebut dengan membumbui kalimat nyinyir. ’’Udah bener itu Bib. Jangan pulang dulu, firza masih mens!!’’

Entah akun Twitter Rizieq palsu itu bikinan Sumberwarr­as dan kelompokny­a atau bukan. Yang pasti, akun Sumberwarr­as memang sering kurang waras. Mereka pernah beberapa kali kedapatan menyebarka­n hoax dengan modal screenshot editan. Bahkan, portal Jawapos.com juga pernah dicatut untuk menyebarka­n hoax terkait kontrovers­i Zadit Taqwa, mahasiswa Universita­s Indonesia yang memberikan kartu kuning kepada Presiden Joko Widodo.

Dari pengecekan yang dilakukan Jawa Pos, akun Twitter @ Syihabriez­ieq memang ada. Akun itu pernah mengunggah status seperti yang di-capture akun Instagram Sumberwarr­as.

Tetapi, Twitter @Syihahriez­ieq bisa dipastikan akun palsu. Juru Bicara FPI Slamet Maarif memastikan, akun tersebut tidak berkaitan dengan Rizieq. ’’Palsu. Itu Hoaks,’’ katanya. Menurut Slamet, Rizieq selama ini tidak memiliki akun media sosial.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia