Jawa Pos

Imlek, Transaksi Nontunai Meningkat

-

JAKARTA – Perayaan Tahun Baru Imlek yang beriringan dengan akhir pekan membuat hari libur nasional menjadi lebih panjang. Konsumsi dan belanja masyarakat pun ikut meningkat. Itu mendorong peningkata­n transaksi nontunai yang menggunaka­n jasa perbankan.

Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk Lani Darmawan menyatakan, transaksi selama Imlek tahun ini lebih tinggi daripada akhir pekan biasa. Biasanya, pada saat momen tertentu seperti Imlek, hari belanja online nasional (harbolnas), dan lain-lain, transaksi perbankan nasabah naik minimal 10 persen, bahkan kerap lebih tinggi. Sebab, masyarakat memanfaatk­an momen liburan untuk berbelanja, mudik, dan berwisata.

”Selain itu, kami selalu memberikan promo-promo khusus. Nasabah banyak memanfaatk­an kartu kredit untuk fashion, travel, dan F&B (food and beverage),” katanya. Momen Imlek juga digunakan perseroan untuk memberikan promo khusus kredit pemilikan rumah (KPR).

Senada dengan Lani, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso Liem menuturkan bahwa pihaknya memberikan banyak promo untuk transaksi di restoran dan outlet-outlet fashion. ”Yang seperti itu pasti menarik bagi pengguna kartu kredit,” ujarnya.

Santoso tidak menyebutka­n kenaikan transaksi dari promopromo tersebut. Yang jelas, kata dia, minat masyarakat yang tinggi untuk bertransak­si nontunai tidak hanya membawa keuntungan bagi perbankan.

Menurut dia, promo dari perbankan secara tidak langsung bisa meningkatk­an penetrasi Gerakan Nasional Nontunai (GNNT).

 ??  ??
 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? GAYA HIDUP: Aktivitas Mal Senayan City di Jakarta kemarin. Transaksi nontunai cukup tinggi saat libur panjang akhir pekan lalu.
IMAM HUSEIN/JAWA POS GAYA HIDUP: Aktivitas Mal Senayan City di Jakarta kemarin. Transaksi nontunai cukup tinggi saat libur panjang akhir pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia