Jawa Pos

Honda Tetap Kuasai Pasar Hatchback

-

JAKARTA – Memasuki awal 2018, Honda memperkuat dominasiny­a di pasar mobil hatchback di tanah air. Melalui Honda Jazz dan Honda Civic Hatchback, Honda menguasai total pangsa pasar sebesar 62 persen di segmen hatchback. Sejumlah pesaing dipastikan juga akan meramaikan persaingan pasar tersebut tahun ini.

Honda meraih total penjualan

hatchback sebanyak 1.456 unit pada 2018. Perolehan pangsa pasar tersebut meningkat bila dibandingk­an dengan pangsa pasar Honda di segmen

hatchback pada 2017 yang tercatat 52 persen.

Honda Jazz kembali tercatat sebagai model dengan penjualan tertinggi di segmen hatchback setelah terjual 1.195 unit. Pangsa pasarnya mencapai 51 persen pada Januari lalu. Penjualan Honda Jazz tersebut meningkat 16 persen jika dibandingk­an dengan penjualan pada Desember 2017 yang tercatat sebanyak 1.027 unit.

Sementara itu, Honda Civic Hatchback menyumbang­kan tambahan pangsa pasar sebesar 11 persen bagi Honda di segmen hatchback setelah meraih penjualan 261 unit pada Januari. Jumlah penjualan Honda Civic Hatchback tersebut juga meningkat daripada penjualan pada Desember lalu yang tercatat 24 unit.

”Penjualan model-model Honda di segmen hatchback memberikan kontribusi 10,7 persen dari total penjualan Honda di bulan pertama tahun 2018,” ujar Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

Sepanjang Januari 2018, sebanyak 2.349 unit mobil di segmen hatchback terjual di Indonesia atau sekitar 2,5 persen dari total penjualan mobil di tanah air yang mencapai 95.892 unit.

Menengok hasil penjualan kompetitor terdekat Honda di kelas hatchback, yakni Toyota Yaris, data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menunjukka­n distribusi Yaris sepanjang 2017 sebanyak 10.750 unit atau rata-rata terjual 895 unit per bulan. Angka itu cenderung melandai jika dibandingk­an dengan distribusi Yaris periode Januari–Oktober 2016 yang menorehkan angka 13.005 unit.

 ??  ?? MENARIK: Model berpose dengan Honda Civic Hatchback Turbo di Jakarta.
MENARIK: Model berpose dengan Honda Civic Hatchback Turbo di Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia