Jawa Pos

IHSG Masih Dibayangi Faktor AS

Kembali Ada Peluang Koreksi

-

JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pekan ini berpotensi bergerak mixed. Pekan lalu, indeks naik 1,32 persen ke posisi 6.591,58 jika dibandingk­an dengan pekan sebelumnya. Kenaikan IHSG itu juga diikuti pertumbuha­n kapitalisa­si pasar di bursa sebesar 1,22 persen menjadi Rp 7.332,41 triliun.

Meski indeksnya naik, rata-rata nilai transaksi harian, volume transaksi harian, dan frekuensi transaksi harian pekan lalu kompak menurun. ’’Investor asing mencatatka­n aksi jual bersih pekan lalu dengan nilai Rp 1,58 triliun.

Jadi, di sepanjang tahun ini, investor asing telah mencatatka­n total nilai jual bersih Rp 6,89 triliun,’’ kata Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Oskar Herliansya­h.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee menuturkan, menurunnya aktivitas di bursa pekan

lalu masih terdampak sepinya aktivitas investor menjelang liburan Imlek. Namun, pekan ini, aktivitas di bursa bisa kembali bergairah. Indeks pun berpeluang naik lagi.

’’Investor ingin melihat bagaimana laporan keuangan para emiten. Laporan emiten semestinya banyak yang punya kinerja membaik,’’ ujar Hans. Selain faktor emiten, pasar akan kembali fokus pada kondisi dan dinamika pasar di AS.

Pasar keuangan AS memang tengah menarik perhatian masyarakat. Sebab, investor melihat peluang kenaikan lanjutan dari suku bunga acuan Bank Sentral AS (The Federal Reserve). Selain itu, data inflasi yang meningkat di AS menuntut suku bunga acuan agar segera disesuaika­n. Tujuannya, menjaga mata uang USD supaya tidak terus melemah.

Berbeda dengan Hans, analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menyatakan, indeks pekan ini berpotensi menurun. ’’IHSG akan terkoreksi wajar menuju ke area support pada level 6.575 dan 6.558,’’ ucapnya. Secara teknikal, bursa sudah menunjukka­n overbought (kelebihan beli). Reza pun merekomend­asikan saham ACES, AGRO, BEST, BUMI, SILO dan UNVR untuk perdaganga­n hari ini (19/2).

 ?? GRAFIS: BAGUS/JAWA POS ??
GRAFIS: BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia