Jawa Pos

DONGKRAK SEMANGAT DI DOMESTIK

-

TURIN – Bermain di kandang sendiri, Juventus dan Napoli sama-sama menuai kekecewaan di ajang Eropa pada pertengaha­n pekan lalu. Juve ditahan seri

2-2 oleh Tottenham Hotspur dalam leg pertama 16 besar Liga Champions (14/2), sedangkan Napoli malah kalah 1-3 dari RB Leipzig dalam leg pertama 32 besar Liga Europa (16/2). Namun, ketika kembali ke ’’rutinitas’’ alias berlaga di Serie A, kedua tim menemukan mood booster lagi. Pada giornata ke-25 tadi malam WIB (18/2), Juve dan Napoli samasama meraih kemenangan tipis 1-0. Bianconeri memenangi Derby della Mole ke-198 di Stadio Olimpico Grande Torino lewat gol Alex Sandro (33’). Beberapa jam berselang, Partenopei harus berterima kasih kepada Allan atas gol cepatnya (6’) ke gawang SPAL di

San Paolo. Hasil itu membuat Partenopei tetap unggul satu poin (66-65) atas Bianconeri. ’’Tidak pernah menyenangk­an saat kalah, apalagi dengan penampilan ketika kalah dari Leipzig. Namun, sepak bola selalu memberimu kesempatan untuk bangkit,’’ kata winger Napoli Jose Callejon kepada Sky Sport Italia.

Kemenangan atas SPAL membuat Napoli meraih sembilan kemenangan beruntun di Serie A. Itu adalah streak kemenangan terpanjang tim asuhan Maurizio Sarri tersebut setelah delapan beruntun pada delapan giornata awal musim ini serta giornata ke-17 sampai ke24 pada musim 2015–2016. Kemenangan Juve tadi malam tak kalah istimewa. Sebab, Giorgio Chiellini dkk menodai Torino yang tidak pernah kalah sekaligus tidak pernah kebobolan sejak dipoles Walter Mazzarri per 4 Januari lalu. Apalagi, starting XI Juve terbilang lemah alias banyak eksperimen yang dilakukan allenatore Massimilia­no Allegri.

Tidak ada kapten-kiper Gianluigi Buffon yang dirotasi dengan Wojciech Szczesny. Seiring dengan absennya Mario Mandzukic karena flu, bek kiri Alex Sandro pun dijajal sebagai penyerang sayap kiri dalam skema 4-3-3. Hasilnya, bek asal Brasil itu malah menjadi protagonis­ta.

’’Tim kami dihuni oleh para pemain luar biasa dan mereka bisa mengatasi situasi apa pun. Itulah yang membuat saya bahagia melatih mereka,’’ ucap Allegri kepada Mediaset Premium.

Terkait dengan cedera Gonzalo Higuain yang meninggalk­an lapangan saat laga baru berjalan 15 menit, Allegri menyebut bukan masalah besar. Pencetak dua gol ke gawang Tottenham itu diproyeksi­kan pulih cepat dan bisa bermain saat Juve menghadapi Atalanta pekan depan (25/2).

Bianconeri juga mendapat angin segar setelah Paulo Dybala yang sudah sebulan absen karena cedera hamstring kembali merumput. La Joya masuk menggantik­an Douglas Costa pada menit ke-66.

 ?? MARCO BERTORELLO/AFP-CIRO DE LUCA/REUTERS ?? BERKEJARAN: Paulo Dybala merayakan kemenangan Juve atas Torino di Stadio Olimpico Grande Torino tadi malam WIB (18/2). Foto bawah, Allan mencetak gol Napoli ke gawang SPAL.
MARCO BERTORELLO/AFP-CIRO DE LUCA/REUTERS BERKEJARAN: Paulo Dybala merayakan kemenangan Juve atas Torino di Stadio Olimpico Grande Torino tadi malam WIB (18/2). Foto bawah, Allan mencetak gol Napoli ke gawang SPAL.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia