Jawa Pos

Tunggu Txingurri Berikan Trofi

-

EIBAR – Sanjungan kepada entrenador Barcelona Ernesto Valverde di musim perdananya semakin banyak. Sebab, Valverde sekali lagi berhasil menyamai rekor entrenador

Barca Pep Guardiola tujuh musim lalu: tak terkalahka­n di La Liga dalam 31 pertanding­an.

Meski rekornya bercampur dengan yang ditorehkan Luis Enrique untuk tujuh laga terakhir musim lalu, Txingurri alias Si Semut –julukan Valverde– tetap punya andil besar. Terlebih, kemenangan 2-0

Barca atas Eibar di Ipurua Municipal Stadium kemarin dini hari WIB (18/2) berarti penting. Tak hanya membuat Barca memperleba­r jarak sepuluh angka (62-52) dengan Atletico Madrid sebelum menghadapi Athletic Bilbao dini hari tadi WIB (19/2), tripoin itu sekaligus memutus streak seri Barca dalam dua laga La Liga terakhir. Masing-masing 1-1 melawan Espanyol (4/2) dan 0-0 kontra Getafe (11/2). ”Kemenangan adalah kewajiban setelah kami membuang empatpoin dalam dua laga sebelumnya,” kata Valverde sebagaiman­a dilansir Marca.

Alhasil, Valverde memilih tetap menurunkan kekuatan terbaik Barca meski Andres Iniesta dkk ditunggu Chelsea dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge Rabu dini hari WIB (21/2). ”Saya tak menaruh kepedulian tinggi kepada (laga melawan) Chelsea sebelum pertanding­an hari ini (melawan Eibar),” tutur pelatih 54 tahun tersebut.

Ada anggapan bahwa Valverde sengaja menurunkan kekuatan terbaik karena terbebani dengan catatan tidak terkalahka­n Barca. Imbasnya, Gerard Pique yang belum pulih betul dari cedera lutut dimainkan. Tapi, Philippe Coutinho yang tak bisa dimainkan di Liga Champions malah dicadangka­n. Coutinho baru masuk pada menit ke63 menggantik­an Iniesta. ”Dengan posisi kami saat ini di klasemen (La Liga), wajar apabila kami memberikan prioritas di ajang ini,” ujar Jordi Alba, bek kiri Barca, kepada Mundo Deportivo.

Alba yang mencetak gol kedua Barca pada menit ke88 atau setelah gol Luis Suarez (16’) juga membela kebijakan pelatihnya dalam urusan memilih komposisi pemain. ’’Meski membuat kami bermain begitu luar biasa di musim pertamanya, dia (Valverde) belum memberikan trofi kepada klub,” jelasnya.

 ?? ANDER GILLENEA/AFP ?? NGEDOT: Gaya selebrasi Jordi Alba setelah mencetak gol kedua Barca saat menghadapi Eibar di Ipurua Municipal Stadium kemarin dini hari WIB (18/2).
ANDER GILLENEA/AFP NGEDOT: Gaya selebrasi Jordi Alba setelah mencetak gol kedua Barca saat menghadapi Eibar di Ipurua Municipal Stadium kemarin dini hari WIB (18/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia