Jawa Pos

Muka Baru Cepat Adaptasi

M. Ridho dan Nelson Alom dalam Latihan Timnas U-23

-

JAKARTA – Kiper Borneo FC M. Ridho dan gelandang Persebaya Surabaya Nelson Alom menjadi muka baru dalam pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia di Lapangan ABC, Jakarta, kemarin. Usia kedua pemain tersebut sama-sama 27 tahun. Itu berarti mereka diproyeksi­kan masuk slot tiga pemain di atas 23 tahun.

Saat ini, di antara daftar 26 pemain yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan pada 18–25 Februari, ada empat pemain yang berusia di atas 23 tahun. Selain Ridho dan Alom, ada Andritany Ardhiyasa dan Ilija Spasojevic. Pada akhirnya, ketika Asian Games 2018, hanya tiga yang dipakai.

Pemanggila­n Ridho itu dilakukan lantaran performa apiknya selama Liga 1 musim lalu. Dia tampil dalam 30 laga bersama Borneo FC dan 11 di antaranya clean sheet. Dia juga mencatat 104 kali penyelamat­an. Demikian juga, Andritany mengemas 14 kali clean sheet dan 92 kali penyelamat­an dalam 33 laga.

Pada pemusatan latihan kali ini, terdapat empat kiper yang dipanggil pelatih timnas Luis Milla. Mereka adalah Ridho, Andritany, Satria Tama, dan Kurniawan Kartika Aji. Secara tradisi, dalam event internasio­nal, biasanya hanya tiga kiper yang akan didaftarka­n.

’’Senang akhirnya bisa masuk timnas walaupun saya terbilang senior. Saya juga ingin belajar dengan kiper yang ada,’’ terang Ridho. Terkait program latihan, ada sedikit beda yang dia rasakan ketimbang di Borneo FC. ’’Di sini agak ringan. Tetapi, variasi latihannya sama,’’ lanjut dia.

Lalu, Alom yang dipanggil mengisi lini tengah akan bersaing dengan Muhammad Hargianto, Muhammad Arfan, dan Hanif Abdurrauf Sjahbandi. Mereka semua gelandang bertahan utama di klubnya. Secara usia, Nelson merupakan yang paling senior ketimbang ketiga pemain yang ada.

Pemanggila­n Alom tidak terlepas dari performa apiknya ketika membela Persebaya di Piala Presiden 2018. Dari empat kali pertanding­an di Piala Presiden 2018, Alom nyaris tidak tergantika­n. Dia hanya sekali bermain tidak full time ketika Persebaya melakoni laga pembuka grup C melawan PS TNI (sekarang PS TIRA) pada 18 Januari lalu.

’’Mereka memiliki prospek yang bagus dalam tim. Semoga bisa cepat terkoneksi dengan pemain lainnya,’’ kata asisten pelatih timnas U-23 Bima Sakti.

Pada hari pertama latihan kemarin, Andritany dan Rezaldi Hehanusa belum bergabung karena masih merayakan juara Piala Presiden 2018 bersama klubnya, Persija Jakarta. Sedangkan empat pemain Bali United, yakni Ilija Spasojevic, Ricky Fajrin, Yabes Roni, dan I Made Andhika Wijaya, menjalani latihan terpisah. Kebijakan itu diambil karena mereka baru saja membela klubnya di final Piala Presiden (17/2).

Lalu, winger Persebaya Osvaldo Haay juga menjalani latihan terpisah lantaran ada masalah pada paha kanan.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? MANTAP: Gelandang Persebaya Nelson Alom melepas umpan ketika menjalani pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia di Lapangan ABC, Jakarta (18/2).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS MANTAP: Gelandang Persebaya Nelson Alom melepas umpan ketika menjalani pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia di Lapangan ABC, Jakarta (18/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia