Jawa Pos

Anniversar­y Cup Pengganti Test Event

-

TEST event sepak bola terpaksa batal pada 8–15 Februari lalu lantaran venue dan tim peserta tak bisa dipastikan hingga hari H pelaksanaa­n. Sebagai gantinya, PSSI sedang menyiapkan opsi pengganti agenda itu, yakni Anniversar­y PSSI Cup 2018 pada 27 April–6 Mei 2018.

”Untuk venue masih tentatif. Lokasinya antara Jatim atau bahkan SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta),” ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria kemarin (18/2).

Rencananya, selain Indonesia, tiga tim lainnya adalah Malaysia, Bahrain, dan satu lagi negara dari Asia Timur. Laga tersebut sebenarnya menggunaka­n konsep test event yang sebelumnya batal. Satu tim dari Asia Timur diharapkan ambil bagian karena dianggap bisa menggambar­kan situasi Asian Games sebenarnya.

Demikian pula regulasi turnamen yang menggunaka­n tiga slot pemain senior sebagaiman­a Asian Games. ”Konsep tersebut kami bikin agar tim juga terbiasa untuk main bersama,” terang Tisha.

Sebelumnya, timnas U-23 menjalani uji coba internasio­nal pada 21 Maret melawan Singapura. Setelah itu, pada 25 Maret, bermain di Filipina. Secara komposisi, dua uji coba itu akan mempriorit­askan skuad U-23 yang disiapkan untuk Asian Games 2018.

”Prinsipnya, kebijakan itu untuk kepentinga­n di Asian Games,” ujar Joko Driyono, Plt ketua umum PSSI. Sebenarnya, langkah tersebut sudah dijalankan saat Indonesia menghadapi Syria pada November tahun lalu. Sama dengan timnas kelompok umur lainnya, timnas U-23 tetap menjalanka­n pemusatan bukatutup di sela-sela Liga 1 2018 bergulir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia