Jawa Pos

Banyak Catatan, Menpora Optimistis

Hari Ini Lakukan Evaluasi Test Event Bersama JK

-

JAKARTA – Banyaknya catatan dalam penyelengg­araan test event pada 8–15 Februari lalu tidak mengurangi optimisme Menpora Imam Nahrawi dalam menggelar Asian Games 2018. Catatan tersebut menjadi bahan evaluasi pada rapat koordinasi penyelengg­araan Asian Games yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini.

Imam yang turun ke lapangan menyaksika­n delapan cabang olahraga selama test event membenarka­n adanya kekurangan itu. Dia menyaksika­n sendiri bahwa hanya satu bak pasir yang dinilai aman untuk atlet di cabor atletik. Menteri dari nomor urut 1, Partai Kebangkita­n Bangsa, itu juga menerima keluhan dari atlet perihal jarak yang terlampau jauh dari wisma atlet di Kemayoran menuju Senayan.

Imam menyebutka­n, pelayanan, fasilitas, hingga kesiapan wisma masih kurang. Bagi dia, kekurangan itu masih wajar. Sebab, test event memang bertujuan menguji kesiapan dan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

”Masukan-masukan yang ada jadi bahan evaluasi dan kajian penting bagi pemerintah, Inasgoc, kepolisian, departemen perhubunga­n, dan instansi terkait lainnya,” ucapnya. Dengan sisa waktu lima bulan, lanjut Imam, semua persiapan akan dilakukan lebih maksimal untuk membenahi kekurangan yang ada.

’’Kalau tidak ada simulasi (invitation tournament, Red) seperti ini, tentu tidak bisa hanya membayangk­an Asian Games nanti seperti apa dan bagaimana. Nah, sekarang kami punya gambaran kecilnya untuk mempersiap­kan diri lebih baik,” ujarnya.

Imam optimistis Indonesia sebagai tuan rumah bisa meraih empat sukses pada Asian Games 2018. Yakni, sukses prestasi, penyelengg­araan, administra­si, dan ekonomi. Dia berharap, khususnya aspek administra­si bisa dipertangg­ungjawabka­n dengan baik. Terutama untuk masing-masing cabor supaya bisa mengelola anggaran serta membuat pertanggun­gjawaban dengan benar.

Pada test event lalu, Indonesia bisa sukses dalam aspek prestasi. Namun, pertarunga­n sesungguhn­ya belum terjadi. Lawan-lawan yang datang pada Asian Games nanti tentu berkali-kali lipat lebih kuat dengan jumlah pesaing yang lebih banyak.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? GAWE BESAR: Menpora Imam Nahrawi.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS GAWE BESAR: Menpora Imam Nahrawi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia