Jawa Pos

Satu Atlet Rusia Tersandung Doping

-

PYEONGCHAN­G – Isu doping berembus pada hari kesembilan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchan­g. Kali ini melibatkan atlet Rusia yang tergabung dalam kontingen netral di bawah bendera Olympic Athlete of Russia (OAR).

Kepada kantor berita

Reuters, sumber tepercaya yang akrab akan kejadian itu menyebut atlet bermasalah yang dimaksud adalah peraih medali perunggu cabang olahraga curling nomor mix, yakni Aleksandr Krushelnit­ckii. Sampel urine atlet 25 tahun itu dinyatakan positif mengandung zat meldonium.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Komite Olimpiade Internasio­nal (IOC) mengenai masalah tersebut. Namun, sumber yang sama menyebut pihak terkait belum mau buka suara karena Komite Antidoping Independen yang bertugas di Pyongchang belum rampung memeriksa sampel B milik Krushelnit­ckii.

Perwakilan kontingen Rusia (OAR) belum mau berbicara panjang lebar. Mereka belum secara terbuka menyebut atlet bermasalah yang dimaksud. Namun, mereka mengakui telah mendapat surat pemberitah­uan dari IOC bahwa salah satu atlet mereka gagal dalam tes doping. Jika hasil sampel B terbukti positif, Krushelnit­ckii dipastikan kehilangan medali perunggu yang diraih Selasa (13/2). Saat itu dia berpasanga­n dengan istrinya, yakni Anastasia Bryzgalova.

Kejadian tersebut sekaligus menjadi tamparan hebat di tengah upaya Rusia menebus dosa atas skandal doping raksasa yang terbongkar di Negeri Beruang Merah. Meski kontingen Rusia mendapat sanksi larangan tampil di ajang itu, para atlet Rusia yang turun di bawah bendera netral di Pyeongchan­g masih banyak. Jumlahnya mencapai 168 atlet.

 ?? TOBY MELVILLE/REUTERS ?? BERMASALAH: Atlet curling Rusia Alexander Krushelnit­ckii (kanan) bersama sang istri Anastasia Bryzgalova meraih perunggu pada Olimpiade Musim Dingin 2018. Dia dikabarkan gagal lolos tes doping.
TOBY MELVILLE/REUTERS BERMASALAH: Atlet curling Rusia Alexander Krushelnit­ckii (kanan) bersama sang istri Anastasia Bryzgalova meraih perunggu pada Olimpiade Musim Dingin 2018. Dia dikabarkan gagal lolos tes doping.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia