Jawa Pos

Lapangan Olahraga untuk Warga Sukomanung­gal

-

SURABAYA – Warga di Kecamatan Sukomanung­gal mendapatka­n fasilitas olahraga baru dari pemkot tahun ini. Dua fasilitas tersebut akan dibangun di Kelurahan Simomulyo Baru dan Kelurahan Simomulyo.

Di Simomulyo, fasilitas itu nanti berupa lapangan tenis, sedangkan di Kelurahan Simomulyo Baru berupa gedung olahraga serbaguna. Camat Sukomanung­gal Kusnan menyebutka­n, pembanguna­n dua fasilitas tersebut merupakan usulan warga dalam musyawarah rencana pembanguna­n (musrenbang) tingkat kecamatan tahun lalu.

Mereka meminta pemkot menyediaka­n lahan khusus olahraga sebagai sarana rekreasi penduduk. Menurut Kusnan, penduduk merasa senang hasil musrenbang itu dikabulkan. ”Sangat mungkin nanti kalau sudah jadi yang mengelola bangunanny­a adalah warga,” katanya kemarin (18/2).

Kusnan menambahka­n, status lapangan di Kelurahan Simomulyo hingga kini merupakan bekas tanah kas desa (BTKD). Letaknya tepat di utara kantor kecamatan. Pengerjaan­nya diprediksi bisa lebih cepat daripada lahan di Simomulyo Baru. Sebab, lahan di Simomulyo Baru merupakan tanah perorangan yang terus dilakukan proses tawar-menawar terhadap pemilik lahan.

Lahan tersebut berada di kompleks Simorejosa­ri B Gang X. ”Masing-masing satu bidang tanah,” urai pria 57 tahun tersebut.

Menurut dia, pembebasan hingga pembanguna­n fasilitas tersebut akan ditangani Dinas Pemuda dan Olaharaga (Dispora) Surabaya. Pihak kecamatan hanya memfasilit­asi warga.

Kusnan menyatakan, pembanguna­n dua fasilitas tersebut masih dalam proses survei. Tim tengah melihat detail dan luasan fasilitas serta desain yang cocok untuk warga. ”Tim masih terus melakukan penilaian sampai beberapa minggu ke depan. Kemudian baru proses lelang pengadaan barang,” terangnya.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? AKAN DIBANGUN: Lahan BTKD Simomulyo masih ditumbuhi semak belukar. Kelak akan didirikan fasilitas olahraga.
JOS RIZAL/JAWA POS AKAN DIBANGUN: Lahan BTKD Simomulyo masih ditumbuhi semak belukar. Kelak akan didirikan fasilitas olahraga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia