Jawa Pos

Pulau Gili Noko Siap Bersolek

-

GRESIK – Wacana Bawean Sail 2018 memotivasi desa-desa di Pulau Bawean untuk bersiap menyambut kedatangan wisatawan. Pemerintah Desa Sidogedung­batu, Kecamatan Sangkapura, memoles destinasi Pantai Gili Noko. Salah satunya, membangun gazebo dan toilet untuk turis.

Selama ini, wisatawan sulit berteduh atau buang air kecil di pulau kecil nan elok tersebut. Padahal, pantai seluas sekitar 1.000 meter persegi itu sangat indah. Gili Noko jadi jujukan snorkeling karena keindahan biota lautnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gresik Mighfar Syukur mengaku telah menerima permintaan Desa Sidogedung­batu itu. ’’Saat ini, suratnya telah kami terima,’’ ujarnya kemarin (18/2).

Sebenarnya, Gili Noko masih merupakan lahan yang dilindungi Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim. Sama dengan kawasan Danau Kastoba. Dalam aturan, tidak boleh ada bangunan berdiri di lahan konservasi itu.

Namun, jelas Mighfar, bangunan yang dilarang berdiri di lahan konservasi adalah bangunan permanen. ’’Kalau semiperman­en diperboleh­kan,’’ ucap mantan kepala bagian humas Pemkab Gresik tersebut.

Pesona Pulau Bawean sebagai destinasi wisata telah mendunia. Tokohtokoh daratan berjuluk Pulau Putri –julukan Bawean– itu telah menggagas satu agenda wisata berkelas internasio­nal pada Oktober 2018 ini. Yaitu, Bawean Sail 2018.

Masih banyak infrastruk­tur yang perlu dibenahi. Dibutuhkan anggaran besar. Menurut Mighfar, membangun infrastruk­tur di Bawean tidak bisa mengandalk­an APBD Gresik. Harus ada suntikan dari provinsi dan pusat. ’’Kalau bisa, untuk hotel dan transporta­si bisa melibatkan swasta,’’ katanya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? BERBENAH: Pulau Gili Noko menjadi jujukan wisatawan lokal dan asing karena biota laut dan pantainya yang elok. Desa pengelola pantai berharap ada tambahan fasilitas menjelang agenda Bawean Sail 2018.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS BERBENAH: Pulau Gili Noko menjadi jujukan wisatawan lokal dan asing karena biota laut dan pantainya yang elok. Desa pengelola pantai berharap ada tambahan fasilitas menjelang agenda Bawean Sail 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia