Jawa Pos

Operasi Minggu, 176 Pelanggar Kena Tilang

-

GRESIK – Tiada hari tanpa operasi. Satlantas Polres Gresik ingin mendongkra­k kepatuhan dan disiplin berkendara warga Kota Santri. Minggu kemarin (18/2) pun ratusan pengendara ditilang karena tidak membawa surat kendaraan atau mengabaika­n keselamata­n.

Mereka adalah pengendara roda dua (R-2) dan roda empat (R-4). Banyak yang tidak menduga akan terjaring razia di Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do itu. Total pengendara yang ditilang mencapai 176 orang.

Rahmad salah satunya. Lelaki asal Duduksampe­yan itu beralasan lupa tidak membawa SIM. Dia hanya membawa STNK (surat tanda nomor kendaraan) di dompetnya. ”SIM-nya di rumah,” ucapnya.

Abdul Rokim bernasib sama. Lelaki 28 tahun tersebut ditilang akibat tidak mengenakan helm. ”Mau ke Randuagung. Biasanya tidak ada razia,” kata warga Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) itu. Dia benar-benar kaget saat ada razia pada hari Minggu.

Kasatlanta­s AKP Wikha Ardilestan­to menyatakan, razia kendaraan bermotor memang digencarka­n. Tujuannya, mencegah terjadinya kecelakaan. ”Pelanggara­n lalu lintas merupakan awal dari kecelakaan di jalan,” ujarnya.

Pelanggar rata-rata tidak membawa atau memiliki SIM. Itu berbahaya. Sebab, tidak ada bukti yang menyatakan pengendara mampu dan bisa membawa kendaraan dengan baik. Menurut Wikha, SIM wajib dimiliki para pengendara. Sebab, SIM merupakan lisensi yang membuktika­n kemampuan dan keterampil­an berkendara. ”Bukan sebagai legalitas semata. Apalagi hanya asal punya,” terangnya.

Selain pengendara roda dua, beberapa pengendara roda empat juga kena tilang. Para pengemudi mobil masih suka mengabaika­n pentingnya sabuk pengaman. Banyak yang tidak pakai sabuk pengaman. ”Operasi rutin ini digelar untuk menekan angka kecelakaan,” ujarnya.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? TIDAK AKAN LOLOS: Petugas menghadang pengendara yang melintas di Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS TIDAK AKAN LOLOS: Petugas menghadang pengendara yang melintas di Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do kemarin.
 ?? GRAFIS: RIZKY/JAWA POS ??
GRAFIS: RIZKY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia