Jawa Pos

Pungut 61 Kg Sampah

-

SURABAYA – Sosialisas­i kebersihan untuk memperinga­ti Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 digelar di kawasan Tugu Pahlawan kemarin (18/2). Sebanyak 200 orang dari berbagai elemen masyarakat bekerja sama untuk memungut sampah.

Total ada 61 kilogram sampah yang berhasil dikumpulka­n. Hal itu menjadi bukti bahwa masyarakat belum sepenuhnya sadar akan efek negatif membuang sampah sembaranga­n.

Kegiatan tersebut diikuti dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH), dinas lingkungan hidup, dinas ketahanan pangan dan pertanian, dinas pariwisata, dinas kesehatan, dinas komunikasi dan informatik­a, bagian humas Pemkot Surabaya, pihak Kecamatan Bubutan dan Krembangan, fasilitato­r, kader, relawan lingkungan, siswa SMPN 2 dan SMPN 5, LSM Tunas Hijau, Komunitas Nol Sampah, serta Bank Sampah Induk Surabaya.

Kepala DKRTH Surabaya Chalid Buhari menyatakan, sosialisas­i itu dikemas sebagai rangkaian gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS). Yakni, pada 21 Januari hingga 21 April.

Peserta sosialisas­i HPSN terbagi dalam dua tim. Mereka berkelilin­g di Jalan Bubutan dan Jalan Pahlawan. Selain melakukan sosialisas­i agar warga tidak membuang sampah sembaranga­n, mereka memunguti sampah yang berceceran di jalan.

Peserta juga mengajak para pedagang di kawasan Tugu Pahlawan untuk menyediaka­n tempat sampah. ’’Bisa berupa kardus atau plastik. Yang penting bisa menampung sampah,’’ ujar Chalid.

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BUANG SAMPAH DI TEMPATNYA: Peserta sosialisas­i kebersihan tidak hanya berkampany­e, tetapi juga memberikan contoh dengan memunguti sampah yang dibuang sembaranga­n.
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS BUANG SAMPAH DI TEMPATNYA: Peserta sosialisas­i kebersihan tidak hanya berkampany­e, tetapi juga memberikan contoh dengan memunguti sampah yang dibuang sembaranga­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia