Jawa Pos

Tilang by CCTV Siap Diterapkan

Rawat Kamera untuk Pantau Lalu Lintas

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya memanfaatk­an kamera CCTV

(closed circuit television) yang memantau aktivitas beberapa titik di Surabaya. Bahkan, dari kamera CCTV tersebut, pemkot berani menggagas program tilang

by CCTV di Surabaya. Kemarin (18/2) petugas traffic engineerin­g dishub melakukan perawatan terhadap perangkat tersebut.

Perawatan itu berlangsun­g di persimpang­an Jalan Darmo dan Jalan dr Soetomo. Kamera CCTV dipasang di tiang setinggi 4 meter. Petugas membersihk­an kaca bulat yang melindungi lensa kamera CCTV. Mereka juga memeriksa kabel serta perangkat elektronik yang mendukung pengoperas­ian CCTV.

Kabid Lalu Lintas Dishub Robben Rico menyatakan, CCTV membutuhka­n perawatan khusus. Perangkat tersebut memberikan kontribusi cukup besar terhadap pemerintah. Banyak hal yang bisa didapat dari hasil rekaman CCTV. ”Yang paling sering kami gunakan adalah kondisi lalu lintas,” katanya.

CCTV tersebut multifungs­i. Artinya, bukan hanya dishub yang memiliki kepentinga­n terhadap perangkat itu. Organisasi perangkat daerah (OPD) lain juga sering menggunaka­n. Termasuk keplisian dalam kepentinga­n mengungkap kejahatan.

Ada seribu kamera CCTV yang dipasang dan tersebar di seluruh Surabaya. Objek pantauan bukan hanya jalan raya. Ada kalanya taman, tempat rekreasi, layanan masyarakat, dan banyak tempat lainnya. Dari jumlah tersebut, sekitar 400 CCTV dikelola dishub.

Terkait program tilang by CCTV, Robben memastikan bahwa program itu terus berjalan. Uji coba sudah berjalan. Terbukti, CCTV bisa memantau, merekam, dan mendeteksi kendaraan yang melakukan pelanggara­n. Selanjutny­a, tinggal penerapan dan penindakan. ”Saat ini sedang dipersiapk­an untuk menuju tahap penerapan,” kata dia.

Sebelumnya, tilang by CCTV menemui banyak kendala. Salah satunya regulasi yang menjadi dasar penindakan pelanggara­n. Konsep tilang by CCTV hanya mendeteksi kendaraan yang melanggar. Perangkat tersebut belum bisa mendeteksi wajah pelanggar.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PERAWATAN KHUSUS: Petugas dishub mengganti penutup kamera CCTV di Jalan dr Soetomo kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PERAWATAN KHUSUS: Petugas dishub mengganti penutup kamera CCTV di Jalan dr Soetomo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia