Jawa Pos

MERAIH SUARA LEBIH BANYAK

-

KETUA Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berharap Partai Demokrat bisa meraih suara yang lebih besar pada Pemilu 2019.

”Sering kita katakan targetnya 15 persen, tetapi sebenarnya semakin tinggi semakin baik,” ujarnya di kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2).

Dengan bekerja keras dan melakukan upaya-upaya strategis, lanjut Agus, peningkata­n perolehan suara akan bisa terwujud. ”Kita ingin realistis tapi juga optimistis. Tidak boleh kemudian kita menetapkan suatu angka yang ambisius tetapi kemudian tidak dibarengi dengan kerja keras,” tegasnya.

Agus menilai ada pembelajar­an yang harus diambil terkait faktor yang memengaruh­i perolehan suara Partai Demokrat di Pemilu 2014. ”Paling tidak ada tiga faktor. Pertama, saat itu ada sejumlah kader yang bermasalah sehingga menjadi faktor pelemahan bagi pemilih di seluruh Indonesia. Tentunya kami berharap ke depan semakin baik dan semakin berintegri­tas,” ucapnya.

Kedua, saat itu internal partai kurang solid. ”Kami berharap ke depan dapat mengikat seluruh kader dalam membangun soliditas dan semangat juang yang tidak mudah cepat puas dengan capaian serta pantang menyerah ketika menghadapi tantangan,” tegasnya.

Ketiga, tidak ada figur yang dicalonkan Partai Demokrat dalam Pemilu 2014. ”Sangat dimaklumi, rakyat memiliki kebingunga­n saat itu. Ini Partai Demokrat mencalonka­n siapa. Padahal, dalam politik nasional kita, ketokohan seorang figur sangat berarti, sangat diperhitun­gkan, dan menjadi dasar dalam menentukan pilihan,” rincinya.

Agus berharap pada Pemilu 2019 nanti hal itu tidak terulang kembali. ”Tiga faktor tadi mudah-mudahan tidak terjadi lagi. Kita sekarang harus sudah memiliki semangat untuk bersama-sama berjuang lebih sukses lagi,” jelasnya. (tih/c17/wir)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia