Jawa Pos

CHRISTINE HAKIM Senang Kian Banyak Yang Muda dan Mau Belajar

Aktris senior ini optimistis film Indonesia bisa menjadi raja di rumah sendiri. Kuncinya adalah menjaga kepercayaa­n penonton. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos Glandy Burnama dengan aktris yang berkali-kali meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia

-

Film Indonesia menunjukka­n hasil yang menggembir­akan beberapa tahun belakangan. Ada peningkata­n jumlah penonton dan pangsa pasar. Bagaimana Anda menilainya?

Secara kuantitas dan kualitas memang sudah meningkat dan sangat menggembir­akan. Namun, masih ada ruang yang cukup besar bagi praktisi perfilman untuk terus mengembang­kan dan meningkatk­an karyanya. Semoga, dengan upaya peningkata­n itu, film Indonesia bisa berjaya di rumah sendiri.

Sebagai aktris yang sudah 45 tahun berkarir dan membintang­i puluhan film, menurut Anda apa kelebihan film lokal?

Semua film Indonesia dibuat bangsa Indonesia; dengan rasa Indonesia dan pola pikir Indonesia. Itu akan membuat orang Indonesia merasa lebih dekat dan terhubung dengan konten film. Beda ketika kita menikmati film asing yang secara budaya berbeda dengan Indonesia.

Aktor dan aktris juga menjadi kunci keberhasil­an sebuah film. Bagaimana prospek para junior Anda?

Banyak sekali talenta yang potensial di film-film masa kini. Mereka banyak yang muda, berbakat, dan mau terus belajar. Yang harus diberikan kepada mereka adalah kesempatan mengasah skill akting.

Bagaimana regenerasi sutradara muda di Indonesia?

Sama seperti aktor dan aktris, sutradara muda pun banyak bermuncula­n. Uniknya, mereka berasal dari berbagai macam daerah. Tugas kita adalah memberi mereka ruang dan kesempatan untuk menghasilk­an karya yang berkualita­s.

Apa yang harus diperbaiki dari perfilman Indonesia agar tambah sukses?

Banyak sekali. Yang paling penting adalah dukungan dari semua pihak. Dengan dukungan dan kepercayaa­n yang bagus, film Indonesia niscaya bisa menjadi raja di rumah sendiri.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ??
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia