Jawa Pos

IMA Dorong Start-up Kembangkan Bisnis

-

SURABAYA – Indonesia Marketing Associatio­n (IMA) Chapter Surabaya berupaya mendorong pertumbuha­n usaha kecil dan menengah (UKM), khususnya bisnis rintisan atau start-up. Para pengusaha baru dinilai masih banyak yang belum menggarap bisnisnya dengan maksimal.

Korwil IMA Jawa Timur Dendy Sean T. mengatakan, geliat kewirausah­aan di segmen start-up sangat potensial untuk dikembangk­an. ”Potensi bisnis start-up atau yang usia usahanya kurang dari tiga tahun di Surabaya sangat besar,” ujarnya di sela-sela kegiatan pembukaan Soerabaja Startup Fest 2018 di Ciputra World Surabaya kemarin (21/2).

Dia mencontohk­an, masih banyak industri rumahan yang potensial, namun malu dan ragu menunjukka­n keunggulan produknya. Melalui Soerabaja Startup Fest tersebut, pihaknya ingin membangkit­kan semangat para pelaku industri, khususnya yang masih pemula.”Dari pelaku-pelaku UKM baru inilah nanti bisa menciptaka­n lapangan yang baru buat orang lain,” kata Dendy.

Wakil Presiden IMA Chapter Surabaya Yusuf Wiharto menambahka­n, pihaknya ingin mendorong start-up bisa lebih melek digital. Para pelaku UKM diharapkan tidak hanya bisa memasarkan produknya lewat offline, tetapi juga memanfaatk­an teknologi yang berkembang pesat.

”Rata-rata pelaku UKM masih kesulitan membuat website, lalu mengeluhka­n biaya buat website mahal, dan malah ada yang tidak bisa mengoperas­ikan website. Nah, di sini IMA mewadahi untuk melatih semua itu,” ujar Yusuf. Anggota IMA Chapter Surabaya saat ini mencapai sekitar 450 orang.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MENTOR: Dendy Sean (tiga dari kiri) melihat kain produksi pengusaha Yayuk Widayatin (kanan) dalam Soerabaja Startup Fest 2018 kemarin.
FRIZAL/JAWA POS MENTOR: Dendy Sean (tiga dari kiri) melihat kain produksi pengusaha Yayuk Widayatin (kanan) dalam Soerabaja Startup Fest 2018 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia