Jawa Pos

Pendamping­an untuk 20 SMK BLUD

-

SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim resmi meluncurka­n SMK badan layanan usaha daerah (BLUD). Sebanyak 20 lembaga negeri se-Jatim ditunjuk sebagai pilot project.

Tahap awal program itu telah digulirkan. Seluruh sekolah tersebut memperoleh sejumlah pelatihan seputar pengelolaa­n keuangan badan usaha. ’’Saat ini seluruh sekolah pilot project sudah memulai operasiona­l badan usaha,’’ kata Kasi Kurikulum Bidang SMK Dispendik Jatim Heri Triyono kemarin.

Dia menjelaska­n, 20 lembaga yang menjadi pilot project SMK BLUD itu adalah sekolah-sekolah yang sudah memiliki unit usaha di berbagai bidang keahlian. Tak sekadar menjadi usaha di internal sekolah, unit itu juga sudah memiliki kerja sama dengan pihakpihak luar.

Sejauh ini, dari hasil evaluasi awal dispendik, sekolah-sekolah pilot project itu memiliki potensi untuk bisa melaksanak­an program tersebut.

Problemnya cuma masalah administra­si keuangan. Karena itu, dispendik bekerja sama dengan Badan Pengelolaa­n Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jatim untuk pendamping­an. ’’Sedangkan untuk potensinya sudah bagus,’’ katanya.

Dispendik bakal mengevalua­si jalannya SMK BLUD hingga semester I 2018. ’’Jika masih ada yang perlu dibenahi, maka segera diperbaiki agar lebih maksimal,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Saiful Rachman menyebutka­n, pemprov memang menargetka­n program BLUD itu juga bisa dikembangk­an di sekolahsek­olah lainnya. ’’Namun, kita lihat dulu jalannya fase awal program ini,’’ katanya.

Dalam program tersebut, sekolahsek­olah yang menjadi pilot project diajak untuk memaksimal­kan unit usahanya. Sesuai dengan target awal, nanti unitunit usaha itu diproyeksi­kan bisa memberikan pemasukan bagi sekolah. Hasil usaha itu digunakan untuk pengembang­an sekolah tersebut.

Selain menjadi salah satu upaya pengembang­an pendidikan vokasi di Jatim, konsep itu merupakan bagian strategi pemprov di sektor pembiayaan program-program publik secara swadaya.

Lewat skema baru itu, pendanaan tak lagi diambilkan dari APBD. Kebijakan tersebut tak lepas dari kekuatan APBD Jatim selama beberapa tahun terakhir yang mengalami stagnasi.

Selain di sektor pendidikan, pemprov sudah menerapkan sistem BLUD di seluruh RSUD. Dengan model itu, seluruh pembiayaan diserahkan sepenuhnya kepada rumah sakit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia