Jawa Pos

Target Buru Tiga Raksasa

Renault Optimistis di Musim Baru

-

Berikut ini adalah profil singkat lima tim yang sudah meluncurka­n mobil barunya untuk musim 2018.

ENSTONE – Renault mengantong­i kepercayaa­n diri penuh menjelang musim balap Formula 1 2018. Terus mengalami kemajuan pada dua musim terakhir sebagai tim pabrikan penuh, skuad asal Enstone, Oxfordshir­e, Inggris, itu menargetka­n menjadi tim yang bisa mengganggu persaingan tiga tim papan atas.

Ketika pertama kembali ke F1 sebagai tim konstrukto­r penuh pada 2016, Renault hanya mampu finis di posisi kesembilan. Tahun lalu, posisinya membaik, naik tiga peringkat ke urutan keenam klasemen akhir konstrukto­r.

Renault juga mengklaim telah berhasil membangun mobil terbaik keempat di belakang Mercedes, Ferrari, serta Red Bull tahun lalu. Kemajuan pesat yang dirasakan pada paro kedua musim lalu membuat mereka percaya diri bahwa tahun ini, bersama Nico Hulkenberg dan Carlos Sainz Jr, level kompetitif Renault bakal berada di antara tiga tim papan atas.

’’Target utama kami adalah menunjukka­n kemajuan berkelanju­tan melalui hasil yang kami dapat,’’ ucap bos Renault Cyril Abiteboul dalam peluncuran mobil terbaru mereka RS18 di Enstone, Inggris (20/2) waktu setempat atau kemarin (21/2) WIB. Tidak hanya di sisi power unit alias mesin, tapi juga sasis, operasiona­l tim, serta pembalap.

Renault mengaku telah menambah jumlah pekerja di tim F1 hingga 35 persen. Langkah tersebut dilakukan untuk semakin mendekati jumlah sumber daya manusia yang ideal dalam sebuah tim konstrukto­r F1. ’’Semua investasi telah berhasil kami terjemahka­n di atas trek sejauh ini,’’ terang Presiden Renault Jerome Stoll.

Terkait dengan mesin terbaru 2018, pabrikan Prancis itu memberikan informasi meyakinkan soal kemajuan yang berhasil dicapai. Dengan regulasi yang semakin ketat, mesin Renault diklaim memiliki ketahanan mumpuni. Sebab, mereka telah menjalani pengujian di atas mesin

dyno. ’’Pada uji coba di Viry-Chatillon (markas pusat Renault, Red), kami mendapatka­n hasil positif, khususnya dalam hal ketahanan

(reliabilit­y),’’ ujarnya.

Sebagaiman­a diketahui, dalam regulasi baru 2018, batas maksimal

Livery yang berubah total setelah bekerja sama dengan Alfa Romeo. Di bagian nose cone terdepan ada dua lubang (nostril). Ini mirip dengan mobil Force India tahun lalu. Bentuk sidepod langsing seperti RB14. Lubang anginnya juga kecil. Ini akan memengaruh­i kerja radiator di dalamnya. Ada lubang angin di area sirip hiu (shark fin. Mirip mobil Mercedes tahun lalu.

Lekukan (S-duct) antara nose cone dan sasis tengah lebih tajam jika dibandingk­an dengan FW40. Tujuannya, menjaga aliran angin dari sayap depan tetap menempel pada permukaan mobil dan tidak menabrak dengan keras ke helm pembalap. Area bargeboard dan lubang masuk udara di bagian sidepod mirip dengan mobil Ferrari 2017. Airbox berbentuk oval dengan lubang lebih besar. Dibuat untuk menerima aliran angin yang bergerak ke belakang setelah menerpa halo. Penyangga sayap belakang ganda berbentuk lekukan leher angsa. Tujuannya, aerodinami­ka makin efektif.

Livery berubah menjadi merah-putih tahun ini. Mendapat apresiasi dari netizen sebagai corak Haas terbaik hingga saat ini. Airbox oval lebar mirip mobil Williams FW41. Bentuk sidepod meniru Ferrari tahun lalu. Sebab, ini sudah terbukti efektif dalam sistem pendingina­n.

penggunaan sejumlah elemen utama mesin akan dikurangi. Misalnya, internal combustion engines (ICE) dari maksimal 4 unit menjadi 3 unit. Kemudian, MGU-K dan penyimpan energi dari 4 unit menjadi 2 unit saja untuk satu musim. Pembalap yang melewati batas maksimal tersebut bakal dijatuhi penalti grid. Tahun ini, selain Red Bull, mesin Renault juga bakal digunakan McLaren.

Nico Hulkenberg menyatakan sangat antusias untuk segera memulai musim ini setelah mengikuti seluruhpro­sespengemb­anganmobil sepanjang jeda musim dingin.

Pembalap Jerman berusia 30 tahun tersebut langsung menarget podium pada musim ini. Sejak memulai debutnya di F1 pada 2010, finis terbaik Hulkenberg adalah finis keempat. Capaian terbaiknya adalah finis di posisi kesembilan klasemen pembalap. ’Saya seperti mendapat feeling yang bagus. Saya inginseger­amengendar­aimobilini,’ tandasnya.

 ??  ?? Renault R.S 18
Corak mobil cerdas. Jika dilihat dari depan, mobil akan tampak seluruhnya kuning. Jika dilihat dari samping, warnanya total hitam. Bentuk sidepod berubah sedikit ketimbang tahun lalu. Khususnya pada wilayah inlet dengan lubang yang...
Renault R.S 18 Corak mobil cerdas. Jika dilihat dari depan, mobil akan tampak seluruhnya kuning. Jika dilihat dari samping, warnanya total hitam. Bentuk sidepod berubah sedikit ketimbang tahun lalu. Khususnya pada wilayah inlet dengan lubang yang...
 ??  ?? Sauber C37
Sauber C37
 ??  ?? Williams FW41
Williams FW41
 ??  ?? Haas VF18
Haas VF18

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia